Selasa, 10 Juni 2025

Diklat 115 Samisanov : Inovasi Pembelajaran dengan Sentuhan Teknologi dan Kreasi Guru



Di era pembelajaran abad ke-21, guru dituntut untuk menjadi fasilitator yang kreatif dan adaptif. Tantangan pendidikan saat ini tidak hanya terletak pada penguasaan materi, tetapi juga pada kemampuan guru dalam menyajikan pembelajaran yang menarik, kontekstual, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Inovasi menjadi kunci utama untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan.


Melalui diklat ini, guru diajak untuk mengembangkan inovasi pembelajaran dengan dua pendekatan utama: pemanfaatan teknologi pendidikan yang relevan dan kreativitas manual yang murah namun berdampak besar. Kombinasi keduanya dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, meningkatkan motivasi, serta membentuk proses belajar yang lebih berpusat pada peserta didik.

 

🎯 Tujuan Diklat

  1. Meningkatkan pemahaman guru tentang pentingnya inovasi dalam pembelajaran.
  2. Memberikan keterampilan praktis dalam menggunakan teknologi sederhana untuk pembelajaran interaktif.
  3. Mendorong kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran manual yang kontekstual dan hemat biaya.
  4. Menyusun dan menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakter peserta didik.
  5. Membangun komunitas guru kreatif yang saling berbagi ide dan inspirasi pembelajaran.

📝 Output yang Diharapkan

Setelah mengikuti diklat ini, peserta diharapkan mampu:

  • Merancang minimal satu produk inovasi pembelajaran berbasis teknologi (contoh: kuis digital, media interaktif, video pembelajaran).
  • Membuat satu media pembelajaran kreatif manual (contoh: papan belajar, flipbook, alat peraga sederhana).
  • Menerapkan desain pembelajaran inovatif di kelas masing-masing.
  • Mendokumentasikan praktik baik dalam bentuk portofolio atau laporan reflektif.

 

Diklat ini merupakan langkah nyata dalam mendorong transformasi pembelajaran di sekolah melalui kreativitas dan pemanfaatan teknologi yang tepat guna. Dengan semangat kolaboratif dan inovatif, para guru diharapkan mampu menjadi agen perubahan di kelas masing-masing—menghadirkan pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bermakna bagi peserta didik.
Mari bersama-sama membangun budaya belajar yang kreatif, adaptif, dan inspiratif demi menciptakan generasi pembelajar yang unggul dan berdaya saing.

 

Profil Diklat 115 Samisanov

Narasumber                      : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                              : Pelatih Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat          : Inovasi Pembelajaran dengan Sentuhan Teknologi dan Kreasi Guru

Pelaksanaan                      : Tanggal 29 Juni – 6 Juli 2025

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 115 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.      Pengertian dan urgensi inovasi pembelajaran di era Kurikulum Merdeka dan abad 21

1

2

2.      Karakteristik pembelajaran inovatif: aktif, kolaboratif, kontekstual, dan reflektif.

1

2

3.      Pemanfaatan Teknologi Sederhana untuk Pembelajaran Aktif

1

3

4.      Kreasi Manual untuk Media Pembelajaran Kontekstual

1

3

5.      Teknik membuat media pembelajaran dari barang bekas

1

3

6.      Penerapan media manual dalam pembelajaran berbasis proyek atau tematik

1

3

7.      Integrasi media digital dan manual dalam satu skenario pembelajaran

1

3

8.      Merancang aktivitas pembelajaran kreatif dan partisipatif

1

3

9.      Contoh model pembelajaran inovatif: flipped classroom, blended learning sederhana, project-based learning dengan media campuran.

1

4

10.   Penugasan menyusun LKPD atau alur kegiatan belajar yang inovatif

1

4

Jumlah

10 JP

30 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 115 Samisanov Inovasi Pembelajaran dengan Sentuhan Teknologi dan Kreasi Guru :