Hello Historian......
Penerapan teknologi untuk pendidikan dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Deloitte pada 2016, menunjukan bahwa 75 persen guru percaya bahwa pembelajaran melalui media digital dapat menggantikan cara konvensional seperti saat ini dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun ke depan.
Melihat hasil penelitian tersebut maka inovasi penerapan teknologi untuk pendidikan menjadi isu penting yang perlu diprioritaskan oleh pemerintah dan diimplementasikan langsung oleh para guru. Karena guru memiliki otoritas penuh dalam membuat sistem pembelajaran di kelas dan memiliki pengaruh langsung terhadap murid.
Salah satu contohnya yaitu Aries Eka Prasetya, seorang guru di SMA Negeri 22 Surabaya yang memadukan sinematografi, IT (Ilmu Teknologi), dan komik dalam belajar-mengajar Sejarah di kelasnya. Berikut beberapa model pembelajaran yang telah diterapkannya: