Jumat, 22 November 2019

Samisanov Jelajah Negeri

Hello Historian......

7 Langkah Menerbitkan Buku

Hello Historian......

Koleksi Buku Samisanov Terbaru 2019

Hello Historian......

7 Langkah Menulis Cerpen

Hello Historian......

Mari Bergabung Samisanov

Hello Historian......

Gejolak Hati

Hello Historian......

UH dimana saja bisa kok

Hello Historian......

Ini mungkin sedikit inovasi menjawab tantangan belajar bisa dimana saja dan kapan saja, dan evaluasi tdk harus mahal.
Sabtu pagi ini, siswa smadda saya ajak untuk tryout persiapan uas sejarah. Mereka mengerjakan soal dilokasi manapun yg mereka mau dengan alokasi waktu dan aturan yg sudah di agendakan sebelumnya.
Ada wajah2 kepo, wajah2 bingung mengerjakan soal tp yg paling penting ada semangat hebat dari individu untuk melaksanakan tryout online kali ini.
Menggunakan aplikasi quizizz, siswa bisa mengakses soal dengan kode yg telah dishare, berlatih mengerjakan soal layaknya seperti ujian dan mengetahui hasil akhirnya saat itu juga. Sangat ringkes tdk ribet dan pastinya murah meriah.


Laporan Metode 3in1

Hello Historian......

Sosiodrama perpaduan
bahasa
╚════ ≪ °❈° ≫ ════
Sugeng dalu rek 🤭🤭😆
Yaopo kabare malam minggu iki?🌚
Awakdewe teko kelompok Pitu kape bahas pelajaran sejarah sing bahas tentang "DAMPAK KEBIJAKAN MASA ORDE BARU"
C.Isi Laporan Presentasi
Berisi :
-📅 : Kamis,14 November 2019
-🕧 : Pukul 12.20-12.38
-🏫 : Ruang 12 MIA 2
D.Deskripsi/Proses :
Ketika mendapat tugas bab 4 ini menggunakan metode 3 in 1 membuat kelompok kita bingung akan tema yang diusung.Pada saat itu Tita berpendapat bagaimana kalau menggunakan sosiodrama,lalu Dhea menambahkan gimana kalau menggunakan bahasa Inggris,akan tetapi Tita,Bilqis,dan Nova tidak setuju karena terlalu ribet juga karena belum terlalu fasih berbahasa Inggris.Kemudian Dhea ngomong pakai bahasa,lalu Tita usul gimana kalau pakai bahasa Jawa,lalu Bilqis menambahkan gimana kalau dipadukan antara bahasa Indonesia,dan bahasa Jawa.Dhea dan Nova akhirnya setuju dan disepakati menggunakan sosiodrama menggunakan perpaduan bahasa Jawa ( bahasa sehari-hari) dan bahasa Indonesia.Kemudian didiskusikan menggunakan media apa yang akan digunakan, karena harus ada yang berbasis IT dikarenakan kita generasi milenial bukan kolonial dan hidup di era yang milenial juga agar komunikatif.Ada beberapa referensi dari pak aries yaitu dengan menggunakan sparkool video scribe, prezi, video dokumenter.Mulai dari itu,dibagikan tugas, sebagai berikut:

Seminar IGI Kota Surabaya Tentang Inovasi

Hello Historian......

Sabtu, 16 November 2019 ada pameran pendidikan yang diselenggraakan oleh IGI. 

Sebelum acara dimulai, pada jam 12.00 peserta diberi waktu untuk sholat Dhuhur. Pada jam 12.30 peserta dipersilahkan untuk masuk kembali. Setelah masuk, peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars IGI terlebih dahulu. Akhirnya pada jam 12.57 pameran ini resmi dibuka.

Sang moderator membuka acara dengan memperkenalkan berbagai pemandu acara. Setelah itu, pak Edi mulai membahas tentang revolusi industri 4.0 yang mengacu ke pendidikan. Ia membahas banyak hal. Mulai dari literasi, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, integritas. Disini dapat disimpulkan ada intervening opportunity di 4.0 ini. Media sosial yang bisa digunakan untuk mencari segala sesuatu bisa kita gunakan untuk menyebarkan hal yang positif dengan berbagai inovasi dan kreasi. Hal tentang ketekunan juga di bahas oleh bapaknya.

Belajar Dari Poster

Hello Historian......

Salam SAMISANOV
Satu minggu satu inovasi
Bagian 1 Memahami materi dengan berkampanye melalui inovasi dari sudut siswa
"Belajar Dari Poster"
Ada sebuah ungkapan yg menyebutkan jika kita mendengar maka kita bisa lupa, jika kita sering melihat maka lama2 kita akan ingat dengan apa yg pernah lihat, dan jika kita melakukan maka akan tertanam dalam pikiran jangka panjang.
Nah berangkat dari ungkapan tersebut maka saya berupaya mendisain PBM dengan PBM (berbasis masalah) selanjutnya siswa melakukan kampanye.....
Masalah yg di dapat adalah tth ORDE BARU hingga REFORMASI nah siswa diminta untuk mencari solusi dalam kegiatan diskusi yg akhirnya menemukan rencana proyek untuk memecahkan masalah mereka....

KAMPANYE MATERI SEJARAH KE WARGA SEKOLAH

Hello Historian......

salam SAMISANOV
satu minggu satu inovasi
Bagian 2 mengenalkan proyek sejarah ke warga sekolah dengan pendekatan inovasi siswa
KAMPANYE MATERI SEJARAH KE WARGA SEKOLAH
Pada bagian 1 sudah dibahas jika siswa diberikan sebuah proyek untuk memahami materi yang sedang dibahas melalui poster dan selanjutnya materi tersebut wajib untuk di sosialisasikan kepada orang lain (warga sekolah).
Hal ini dimaksudkan agar siswa selain memahami materi yang dia pelajari juga mampu mengaplikasikannya di tengah masyarakat.
Alhamdulillah proses bagian 2 bertajuk KAMPANYE

SWAY ORA JAMU SEKALI SWAY TETAP SWAY

Hello Historian......

Salam SAMISANOV
Satu Minggu Satu Inovasi
Bagian 3 mengenalkan proyek sejarah ke warga sekolah dengan pendekatan inovasi siswa
SWAY ORA JAMU SEKALI SWAY TETAP SWAY
Pada bagian akhir dari proyek ini siswa merangkum semua publikasi dan dokumentasi mereka dalam sebuah aplikasi keren bernama SWAY. Pada awalnya mereka kebingungan karena SWAY baru dikenalkan pada siswa tahun ini maka dengan berbagai motivasi, share contoh dan tutorial serta pendekatan humanisme akhirnya siswa mampu untuk membuat presentasi bernasis SWAY ini.
Berikut adalah beberapa gambar capture SWAY karya siswa yang telah di kumpulkan dan dinilai pak aries

UH Soal Berjalan

Hello Historian......

Salam SAMISANOV
Satu Minggu Satu Inovasi
UH Soal Berjalan
Di minggu ini memang waktunya buat UH sebelum minggu depan siswa menjalani UAS smt 1. Nah UH kali ini saya bikin dengan cara yg unik yaitu SOAL BERJALAN.
Lho kok....... Apa itu?
Saat UH siswa hanya diperbolehkan membawa kertas dan pulpen saja. Kertas tdk perlu di beri nama tapi melaksanakan instruksi dari saya :
1. Tulis soal yg plg kamu kuasai dan tau jawabannya tp cukup soalnya saja (satu soal)
2. Jangan lupa menulis dalam kurung pembuat soal nya ya
3. Beri waktu 25-30 detik untuk membuat soal
4. Geser kertas sesuai jalur (misalnya ke kanan seperti mengular sehingga kertas tdk lg dipegang org yg sama)

Semua Haram yang Halal cuman elo doank

Hello Historian......

Kenapa orang-orangi dgn enteng dan serasa punya "otoritas penuh", gampang aja bilang :
INI HARAM.... ITU HARAM...
dengan entengnya
Siapa yg memberi mereka wewenang atau otoritas...? Siapa yg memberi mereka panggung...? Siapa yg membuat mereka amat sangat pede..? Jawabannya adalah:
YA KITA-KITA SENDIRI JUGA... Coba aja simak acara-acara TV di kuliah subuh.... Saat sesi tanya jawab, model pertanyaannya ya kayak gitu:  ustadz kalau gini hukumnya apa...?
 ustadz kalau gitu hukumnya apa...? Lama-lama nanti BAB juga nanya dulu, hukumnya apa... SEOLAH TIDAK ADA LAGI RUANG UTK BERPIKIR (IJTIHAD)
Karena fungsi olah pikir manusia sudah digantikan dgn "APA KATA USTADZ AJA DEH"
Kenapa bisa begitu?
Ya karena cara beragama yg dimabuk DOGMA

Quantum Learning

Hello Historian......

Salam SAMISANOV
Satu Minggu Satu Inovasi
Quantum Learning
Di saat siswa tdk saya temani dalam PBM maka salah satu tugas yg saya berikan pada siswa kls xi ips sejarah peminatan adalah memahami materi bab 4 tentang paham2 besar di dunia.
Siswa saya minta untuk menunjukan bukti kalo dia sudah belajar dan paham tentang materi yg dia pelajari.
Rupanya banyak siswa yg terinspirasi dengan gaya merangkum saya ketika SMA doeloe yg suka memberi coretan dan tempelan agar mudah diingat dan bisa di petakan dalam pikiran dengan cepat.....
Yuph....this quantum learning