Kamis, 23 Januari 2025

Diklat 106 Samisanov : Pembuatan Kartun dengan AI untuk Media dan Inovasi Pembelajaran



Diklat ini dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan praktis dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menciptakan kartun yang menarik, interaktif, dan relevan sebagai media pembelajaran. Dalam era digital, kartun bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga alat komunikasi yang efektif untuk menyampaikan materi pembelajaran secara kreatif dan inovatif.

 

Peserta akan mempelajari:

  1. Dasar-dasar pembuatan kartun menggunakan AI.
  2. Pemanfaatan platform dan aplikasi AI terkini untuk ilustrasi dan animasi.
  3. Strategi integrasi kartun ke dalam media pembelajaran berbasis digital.
  4. Cara menciptakan konten yang interaktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa.

 

Diklat ini cocok untuk pendidik, tenaga kependidikan, desainer pembelajaran, serta siapa saja yang ingin meningkatkan keterampilan mereka dalam menghasilkan materi kreatif berbasis teknologi AI. Dengan mengikuti program ini, peserta akan mampu menghasilkan konten pembelajaran yang lebih menarik, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan era digital.

 

Top of Form

Profil Diklat 106 Samisanov

Narasumber             : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                     : Founder Samisanov dan Pelatih Nasional IGI dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat   : Pembuatan Kartun dengan AI untuk Media dan Inovasi Pembelajaran

Pelaksanaan             : Tanggal 2-9 Februari 2025

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 106 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.      Pendahuluan dan Konsep Dasar Pembuatan Kartun Untuk Pembelajaran

1

2

2.      Pengenalan Alat dan Platform AI untuk Pembuatan Kartun

1

2

3.      Teknik Pembuatan Kartun dengan AI

1

2

4.      Membuat Kartun Interaktif dengan AI

1

3

5.      Cara Mengemas Materi Pembelajaran dalam Bentuk Kartun

1

3

6.      Strategi Implementasi dalam Media Pembelajaran

1

3

7.      Memanfaatkan Kartun untuk Pembelajaran Interaktif

1

3

8.      Studi Kasus: Penerapan Kartun dalam Berbagai Tingkatan Pendidikan

1

4

9.      Pembuatan Proyek Kartun dengan AI

1

4

10.  Penugasan membuat kartun untuk pembelajaran

1

4

Jumlah

10 JP

30 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 106 Samisanov Pembuatan Kartun dengan AI untuk Media dan Inovasi Pembelajaran: