Diklat "Membangun Budaya Berkarya di
Sekolah dengan Pembelajaran Berbasis Proyek" hadir untuk mendampingi
para pendidik dalam memahami, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran
berbasis proyek secara efektif dan menyenangkan. Melalui diklat ini, guru akan
belajar bagaimana menghadirkan pengalaman belajar yang bermakna, kontekstual,
dan melatih siswa menjadi problem solver sejati yang menghasilkan karya nyata.
Lebih dari sekadar strategi pembelajaran, PjBL
mendorong terbentuknya budaya berkarya di sekolah, di mana peserta didik
tidak hanya belajar untuk mengetahui, tetapi juga belajar untuk mencipta.
Proyek-proyek yang dirancang dengan pendekatan ini akan menumbuhkan kolaborasi,
tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
Mari bersama-sama bertransformasi menuju
pendidikan yang lebih kontekstual, kreatif, dan memberdayakan melalui diklat
ini. Wujudkan kelas yang hidup dan siswa yang berkarya!
Narasumber : Aries
Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
Instansi : Pelatih
Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya
Judul materi diklat : Membangun
Budaya Berkarya di Sekolah dengan Pembelajaran Berbasis Proyek
Pelaksanaan : Tanggal 3-10 Agustus 2025
Materi yang akan di berikan dalam Diklat 117 Samisanov
diantaranya :
Alokasi Waktu |
||
Materi |
Praktek |
|
1.
Filosofi dan Konsep Dasar PjBL |
1 |
2 |
2.
Mendesain Proyek yang Kontekstual dan
Autentik |
1 |
2 |
3.
Implementasi PjBL di Kelas dan Sekolah
(Contoh Praktik Baik) |
1 |
3 |
4.
Asesmen Otentik dalam Pembelajaran Berbasis
Proyek |
1 |
3 |
5.
Prinsip asesmen dalam PjBL: asesmen formatif
dan sumatif |
1 |
3 |
6.
Menyusun Rencana Proyek dan Instrumen
Penilaian |
1 |
3 |
7.
Merancang rubrik penilaian proyek: proses,
produk, dan kolaborasi |
1 |
3 |
8.
Menyusun komponen: tema, tujuan, langkah
kegiatan, produk, dan rubrik penilaian |
1 |
3 |
9.
Merancang 1 proyek pembelajaran secara
lengkap |
1 |
3 |
10.
Penugasan menyusun satu Rencana Proyek dan
Instrumen Penilaian |
1 |
4 |
Jumlah |
10 JP |
30 JP |
Total
Jam |
40 JP |