Hello Historian......
MEJA ARGUMENTASI DAN PRESENTASI KONSEP
Oleh : Aries Prasetya
Dalam upaya meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami sebuah materi dibutuhkan sebuah inovasi dan perubahan untuk menjelaskan materi. Pelajaran Sejarah Peminatan kelas 11 IPS-1 memasuki materi bab 2 tentang imperialisme dan kolonialisme yang terjadi di Indonesia.
Materi baru di Bab 2 yang diajarkan kepada siswa ini diberikan melalui inovasi presentasi konsep materi. Inovasi yang dimaksudkan adalah pahaman materi melalui sebuah presentasi konsep.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran ini diantaranya :
- pembelajaran diawali dengan penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran
- untuk memasuki materi baru guru memberikan stimulus dan gambaran awal mengenai materi yang akan dijelaskan
- setiap kelompok siswa diberikan waktu untuk belajar secara kelompok mengenai materi tersebut
- setelah melalui proses diskusi dan belajar kelompok tersebut selanjutnya setiap kelompok diminta membuat sebuah peta konsep
- peta konsep yang dibuat merupakan hasil pemahaman mereka tentang materi yang telah dipelajari
- setiap kelompok boleh menggunakan berbagai sumber seperti buku paket, modul yang telah diberikan guru, ataupun hasil searching dan Browsing di internet
- setelah peta konsep dihasilkan oleh tiap-tiap kelompok langkah selanjutnya setiap kelompok maju kedepan untuk beradu argumen dengan guru dan perwakilan kelompok lain
- sesi adu argumen ini dimaksudkan untuk mematangkan dan memperbaiki peta konsep yang telah dibuat dari kelompok tersebut
- dalam sesi adu argumen ini seorang guru bisa menilai kedalaman pemahaman materi yang dikuasai oleh tiap kelompok
- bahkan melalui adu argumen ini setiap siswa bisa menggali lebih dalam tentang materi tentunya dengan didasarkan pada bukti dan fakta sesuai dengan literasi
- guru memberikan nilai untuk hasil pemahaman tiap kelompok dalam meja adu argumen peta konsep
- setelah tiap kelompok dinilai adu argumen ini, selanjutnya dilaksanakan yang namanya diskusi presentasi konsep
- diskusi presentasi konsep dilakukan tiap kelompok di depan kelas dengan memaparkan hasil yang terbaik dari pemahaman mereka mengenai peta konsep yang telah dibuat dan dinilai tadi
- setiap anggota kelompok membagi tugas ada yang menjelaskan materi, ada sebagai notulen, dan juga ada yang bertugas untuk mendokumentasikan, tentunya semua bertanggung jawab untuk menjawab pertanyaan dari warga kelas (audiens)
- hasil presentasi dari tiap kelompok selanjutnya dibuat sebuah laporan melalui sosial media yang telah disiapkan yaitu grup point siswa
- setiap kelompok mengupload gambar dari presentasi konsep dan hasil notulen diskusi kelompok besar melalui sosial media siswa
- selanjutnya guru memberikan komentar dan melalui sosial media dari upload laporan yang telah disusun oleh tiap kelompok sekaligus menilainya
Dari pembelajaran ini banyak sekali hal yang dapat diambil untuk mengembangkan pola pikir siswa dalam berargumentasi berdasarkan sumber fakta dan literasi.
Melalui pembelajaran ini juga setiap kelompok bisa dinilai tentang kekompakan, kerja keras, dan tentunya yang dimiliki dalam memahami sebuah materi.
Alhamdulillah pembelajaran di kelas 11 IPS-1 berjalan lancar dan menghasilkan hasil yang maksimal.
Terus berinovasi dengan sebuah kreasi yang baru atau terbarukan untuk generasi yang akan datang.
Ikhlas Berbagi untuk negeri.
Sharing and growing together.
Oleh : Aries Prasetya
Dalam upaya meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami sebuah materi dibutuhkan sebuah inovasi dan perubahan untuk menjelaskan materi. Pelajaran Sejarah Peminatan kelas 11 IPS-1 memasuki materi bab 2 tentang imperialisme dan kolonialisme yang terjadi di Indonesia.
Materi baru di Bab 2 yang diajarkan kepada siswa ini diberikan melalui inovasi presentasi konsep materi. Inovasi yang dimaksudkan adalah pahaman materi melalui sebuah presentasi konsep.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran ini diantaranya :
- pembelajaran diawali dengan penjelasan guru tentang indikator dan tujuan pembelajaran
- untuk memasuki materi baru guru memberikan stimulus dan gambaran awal mengenai materi yang akan dijelaskan
- setiap kelompok siswa diberikan waktu untuk belajar secara kelompok mengenai materi tersebut
- setelah melalui proses diskusi dan belajar kelompok tersebut selanjutnya setiap kelompok diminta membuat sebuah peta konsep
- peta konsep yang dibuat merupakan hasil pemahaman mereka tentang materi yang telah dipelajari
- setiap kelompok boleh menggunakan berbagai sumber seperti buku paket, modul yang telah diberikan guru, ataupun hasil searching dan Browsing di internet
- setelah peta konsep dihasilkan oleh tiap-tiap kelompok langkah selanjutnya setiap kelompok maju kedepan untuk beradu argumen dengan guru dan perwakilan kelompok lain
- sesi adu argumen ini dimaksudkan untuk mematangkan dan memperbaiki peta konsep yang telah dibuat dari kelompok tersebut
- dalam sesi adu argumen ini seorang guru bisa menilai kedalaman pemahaman materi yang dikuasai oleh tiap kelompok
- bahkan melalui adu argumen ini setiap siswa bisa menggali lebih dalam tentang materi tentunya dengan didasarkan pada bukti dan fakta sesuai dengan literasi
- guru memberikan nilai untuk hasil pemahaman tiap kelompok dalam meja adu argumen peta konsep
- setelah tiap kelompok dinilai adu argumen ini, selanjutnya dilaksanakan yang namanya diskusi presentasi konsep
- diskusi presentasi konsep dilakukan tiap kelompok di depan kelas dengan memaparkan hasil yang terbaik dari pemahaman mereka mengenai peta konsep yang telah dibuat dan dinilai tadi
- setiap anggota kelompok membagi tugas ada yang menjelaskan materi, ada sebagai notulen, dan juga ada yang bertugas untuk mendokumentasikan, tentunya semua bertanggung jawab untuk menjawab pertanyaan dari warga kelas (audiens)
- hasil presentasi dari tiap kelompok selanjutnya dibuat sebuah laporan melalui sosial media yang telah disiapkan yaitu grup point siswa
- setiap kelompok mengupload gambar dari presentasi konsep dan hasil notulen diskusi kelompok besar melalui sosial media siswa
- selanjutnya guru memberikan komentar dan melalui sosial media dari upload laporan yang telah disusun oleh tiap kelompok sekaligus menilainya
Dari pembelajaran ini banyak sekali hal yang dapat diambil untuk mengembangkan pola pikir siswa dalam berargumentasi berdasarkan sumber fakta dan literasi.
Melalui pembelajaran ini juga setiap kelompok bisa dinilai tentang kekompakan, kerja keras, dan tentunya yang dimiliki dalam memahami sebuah materi.
Alhamdulillah pembelajaran di kelas 11 IPS-1 berjalan lancar dan menghasilkan hasil yang maksimal.
Terus berinovasi dengan sebuah kreasi yang baru atau terbarukan untuk generasi yang akan datang.
Ikhlas Berbagi untuk negeri.
Sharing and growing together.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....