Hello Historian......
-biar tambah seru siswa yg sedang mengerjakan diberi stimulus tambahan nilai (5 nilai per kotak tabel) yg bisa dikerjakan di papan tanpa melihat buku atau lainnya
*hal ini bermaksud memacu siswa agar lebih cepat dlm mengerjakan tugas selain itu membantu siswa lainnya yg blm menemukan jawaban bisa melihat ke papan (manajemen waktu, penghargaan atas usaha dan kompetitif diajarkan dlm tahap ini)
-setelah 1 jam pelajaran maka selanjutnya siswa diminta mengeluarkan secarik kertas untuk di buat BOM hehehe, isi kertas tersebut yaiti nama, kls, perintah awal sblm mengerjakan soal, soal yg ditanyakan dan tambahan nilai yg diberikan jika berhasil menjawab.
*BOM ini dimaksudkan untuk memberi tambahan nilai bagi siswa nantinya
*perintah sblm mengerjakan soal dibikin spt game atau hal yg lucu spt menyanyi, lompat2 dsb biar fun
*soal diambil dari tabel yg udah dibikin agar sekaligus belajar menghafal materi
*tamabahan nilai berkisar 5-20 nilai sebagai atimukus dan penghargaan bagi siswa
-siswa selesai membuat BOM kemudian menuju ke lapangan atau taman (diluar kelas) hanya dgn membawa BOM dan bulpen
-di lapangan siswa melempar BOM dari arah belakang (biar g tau ntar dia ambil BOM nya sapa) dan selanjutnya rebutan ambil 1 BOM
-siswa melaksanakan apa yg diperintahkan, mengerjakam soal di balik kertas BOM dan menunjukan pd yg bikin soal kemudian mendapatkan tambahan nilai....selesai dech
-siswa yg udah selesai kembali ke kelas dan menuliskan tambahan nilai yg didapatkan baik dari mengerjakan kotak tabel atau BOM td
Dalam seminggu ini ternyata muncul lagi inovasi baru biar PBM sejarah g itu2 selalu hehehe.
Kreasi hari ini yaitu mengklasifikasikan memahami dan menjelaskan materi dalam satu rangkaian kegiatan.
Kreasi hari ini yaitu mengklasifikasikan memahami dan menjelaskan materi dalam satu rangkaian kegiatan.
Inovasi ini saya beri nama "Tabel Keberuntungan"
Gimana sich caranya?
-melanjutkan inovasi sebelumnya ttg membuat paragraf KATA BERKAIT dengan materi yg sama maka siswa diminta untuk membuat tabel klasifikasi
-guru membuat tabel di papan kemudian meminta siswa mengisi tabel yg mereka buat di buku catatan dengan searching browsing atau reading dari beberapa sumber (1 jam pelajaran)
-melanjutkan inovasi sebelumnya ttg membuat paragraf KATA BERKAIT dengan materi yg sama maka siswa diminta untuk membuat tabel klasifikasi
-guru membuat tabel di papan kemudian meminta siswa mengisi tabel yg mereka buat di buku catatan dengan searching browsing atau reading dari beberapa sumber (1 jam pelajaran)
-biar tambah seru siswa yg sedang mengerjakan diberi stimulus tambahan nilai (5 nilai per kotak tabel) yg bisa dikerjakan di papan tanpa melihat buku atau lainnya
*hal ini bermaksud memacu siswa agar lebih cepat dlm mengerjakan tugas selain itu membantu siswa lainnya yg blm menemukan jawaban bisa melihat ke papan (manajemen waktu, penghargaan atas usaha dan kompetitif diajarkan dlm tahap ini)
-setelah 1 jam pelajaran maka selanjutnya siswa diminta mengeluarkan secarik kertas untuk di buat BOM hehehe, isi kertas tersebut yaiti nama, kls, perintah awal sblm mengerjakan soal, soal yg ditanyakan dan tambahan nilai yg diberikan jika berhasil menjawab.
*BOM ini dimaksudkan untuk memberi tambahan nilai bagi siswa nantinya
*perintah sblm mengerjakan soal dibikin spt game atau hal yg lucu spt menyanyi, lompat2 dsb biar fun
*soal diambil dari tabel yg udah dibikin agar sekaligus belajar menghafal materi
*tamabahan nilai berkisar 5-20 nilai sebagai atimukus dan penghargaan bagi siswa
-siswa selesai membuat BOM kemudian menuju ke lapangan atau taman (diluar kelas) hanya dgn membawa BOM dan bulpen
-di lapangan siswa melempar BOM dari arah belakang (biar g tau ntar dia ambil BOM nya sapa) dan selanjutnya rebutan ambil 1 BOM
-siswa melaksanakan apa yg diperintahkan, mengerjakam soal di balik kertas BOM dan menunjukan pd yg bikin soal kemudian mendapatkan tambahan nilai....selesai dech
-siswa yg udah selesai kembali ke kelas dan menuliskan tambahan nilai yg didapatkan baik dari mengerjakan kotak tabel atau BOM td
Nilai tambahan ini yg akan sangat membantu siswa nantinya dalam PBM lanjutan munggu depan yaitu menghafalkan tabel....
Berikut poto bukti dokumentasi kegiatan PBM hari ini....
Bersama pak aries
#SejarahMakinEksis
#SejarahMakinEksis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....