Jumat, 29 November 2024

Diklat 105 Samisanov : Langkah Praktis Membuat Video Edukasi Interaktif Menggunakan D-ID dan CapCut



Diklat ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada peserta dalam membuat video edukasi interaktif yang menarik, efektif, dan mudah diaplikasikan. Menggunakan kombinasi teknologi D-ID untuk menciptakan avatar berbasis AI yang dinamis, serta CapCut sebagai aplikasi pengeditan video yang fleksibel dan kreatif, diklat ini akan memandu peserta dari dasar hingga mahir.

 

Melalui pendekatan praktis dan berbasis proyek, peserta akan mempelajari:

  1. Penggunaan D-ID: Membuat narasi visual dengan avatar AI yang dapat berbicara dan menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
  2. Penguasaan CapCut: Teknik pengeditan video, penambahan efek kreatif, teks, dan elemen visual lainnya untuk meningkatkan daya tarik video.
  3. Strategi Produksi Video Edukasi: Memadukan konten visual, audio, dan interaktif yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran modern.

 

Diklat ini sangat cocok untuk pendidik, pelatih, atau siapa saja yang ingin meningkatkan kualitas penyampaian materi melalui media digital. Hasil akhir dari pelatihan ini adalah kemampuan membuat video pembelajaran yang interaktif dan profesional, sehingga dapat meningkatkan efektivitas komunikasi serta daya serap peserta didik.

 

Top of Form

Profil Diklat 105 Samisanov

Narasumber                   : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                            : Founder Samisanov dan Pelatih Nasional IGI dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat       : Langkah Praktis Membuat Video Edukasi Interaktif Menggunakan D-ID

                                              dan CapCut

Pelaksanaan                   : Tanggal 8 – 15 Desember 2024

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 105 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.       Pengertian video edukasi interaktif

1

1

2.       Manfaat video edukasi dalam pembelajaran

1

1

3.       Membuat Skrip Video dengan Bantuan Chat GBT

1

1

4.       Pengenalan teknologi D-ID dan CapCut

1

2

5.       Dasar-dasar Penggunaan Aplikasi D-ID

1

2

6.       Membuat Animasi Melalui AI "D-ID"

1

3

7.       Mengubah Teks Menjadi Audio

1

3

8.       Menambahkan Audio pada Video Animasi

1

4

9.       Pengenalan Aplikasi Editing Video "Capcut"

1

4

10.   Editing Video (Menambahkan Teks, Audio, Efek, Transisi)

1

4

11.   Pembuatan Laporan Alat Pelajaran : Video Pembelajaran

1

4

Jumlah

11 JP

29 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 105 Samisanov Langkah Praktis Membuat Video Edukasi Interaktif Menggunakan D-ID dan CapCut:

Rabu, 13 November 2024

Diklat 104 Samisanov : Menggunakan Formative untuk Pembelajaran Efektif



Dalam era digital yang terus berkembang, penggunaan teknologi untuk mendukung proses belajar mengajar telah menjadi kebutuhan penting bagi para pendidik. Aplikasi Formative adalah salah satu platform yang dirancang untuk membantu guru dalam menciptakan asesmen interaktif, memberikan umpan balik secara real-time, serta memantau pemahaman siswa secara langsung. Melalui aplikasi ini, guru dapat mengukur ketercapaian pembelajaran dengan cara yang lebih akurat dan mudah.

 

Diklat "Menggunakan Formative untuk Pembelajaran Efektif" ini dirancang untuk membekali guru dengan keterampilan praktis dalam mengintegrasikan Formative ke dalam kegiatan belajar mengajar. Peserta akan diajak untuk mengenal fitur-fitur utama Formative, seperti membuat kuis dan tugas interaktif, memberikan umpan balik langsung, serta menganalisis data hasil belajar siswa secara cepat dan komprehensif. Diklat ini juga mencakup teknik merancang asesmen formatif yang dapat membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal serta meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran.

 

Melalui diklat ini, guru diharapkan dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih responsif, efektif, dan sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Ayo bergabung dan temukan cara baru untuk memaksimalkan potensi pembelajaran di kelas Anda dengan Formative!

 

Profil Diklat 104 Samisanov

Narasumber                      : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                               : Pelatih Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat          : Menggunakan Formative untuk Pembelajaran Efektif

Pelaksanaan                      : Tanggal 24 November – 1 Desember 2024

 

 

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 104 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.       Pengenalan Aplikasi Formative

1

2

2.       Fitur utama dan manfaat aplikasi Formative bagi guru dan siswa

1

2

3.       Studi kasus penggunaan Formative di kelas

1

3

4.       Membuat dan Menyusun Asesmen Interaktif dengan Formative

1

2

5.       Cara membuat kuis, soal pilihan ganda, soal uraian, dan tugas berbasis gambar atau teks

1

2

6.       Menggunakan Fitur Umpan Balik Real-Time

1

3

7.     Analisis Data Hasil Belajar dan Penilaian Kinerja Siswa

1

3

8.       Merancang Pembelajaran yang Responsif dan Personal dengan Formative

1

4

9.       Praktik dan Simulasi Penggunaan Formative di Kelas

1

4

10.   Penugasan mempraktekan pembelajaran menggunakan Formative

1

5

Jumlah

10 JP

30 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 104 Samisanov Menggunakan Formative untuk Pembelajaran Efektif”:

Rabu, 30 Oktober 2024

Diklat 103 Samisanov : Pemanfaatan Aplikasi Teachy Untuk Mengintegrasikan AI dalam Pembelajaran



Diklat ini bertujuan untuk melatih guru dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ke dalam pembelajaran melalui aplikasi Teachy. Dengan pemanfaatan Teachy, guru dapat membuat pembelajaran menjadi lebih adaptif, efisien, dan menarik bagi siswa. Pelatihan ini akan membekali guru dengan keterampilan dalam merancang dan mengelola rencana pembelajaran berbasis teknologi, sehingga memungkinkan pendekatan yang lebih personal dan terstruktur sesuai kebutuhan siswa.

 

Melalui diklat ini, peserta akan mempelajari:

  1. Fitur AI dalam Teachy: Memahami cara kerja fitur-fitur AI di Teachy yang dapat membantu dalam pembuatan materi, analisis ketercapaian pembelajaran, dan manajemen kelas.
  2. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran: Teknik mengelola data siswa untuk menyesuaikan metode pengajaran, memberikan umpan balik yang lebih cepat, dan meningkatkan keterlibatan siswa di kelas.
  3. Pembelajaran Berbasis Data: Membuat dan menganalisis laporan pembelajaran berbasis data untuk mengidentifikasi kekuatan dan kebutuhan perkembangan siswa, serta menyusun langkah pembelajaran yang lebih strategis.

 

Dengan mengikuti diklat ini, guru diharapkan mampu memanfaatkan teknologi AI melalui Teachy untuk mengoptimalkan waktu, memperkaya interaksi dengan siswa, dan membuat pembelajaran yang lebih efektif dan relevan sesuai perkembangan teknologi terkini.

 

Profil Diklat 103 Samisanov

Narasumber                     : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                               : Pelatih Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat          : Pemanfaatan Aplikasi Teachy untuk Mengintegrasikan AI dalam Pembelajaran

Pelaksanaan                     : Tanggal 10-17 November 2024

 

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 103 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.       Tren AI dalam Pembelajaran

1

2

2.       Teachy dan Teknologi AI-nya

1

2

3.       Mengenal Fitur-Fitur Aplikasi Teachy

1

3

4.       Pembuatan Rencana Pembelajaran Berbasis AI

1

2

5.       Fitur Otomasi Penilaian dan Umpan Balik

1

2

6.       Merancang Pembelajaran Interaktif dengan Teachy

1

3

7.       Implementasi Pembelajaran Berbasis Teachy

1

3

8.       Evaluasi Efektivitas Penggunaan AI dalam Kelas

1

4

9.       Menganalisis hasil pembelajaran dengan Teachy

1

4

10.   Penugasan mempraktekan pembelajaran menggunakan Aplikasi Teachy

1

5

Jumlah

10 JP

30 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 103 Samisanov Pemanfaatan Aplikasi Teachy untuk Mengintegrasikan AI dalam Pembelajaran  :