Diklat ini dirancang untuk memberikan wawasan
dan keterampilan kepada para pendidik dalam memanfaatkan Blooket sebagai alat
pembelajaran interaktif di kelas. Peserta akan dibimbing untuk memahami cara
membuat dan mengelola kuis, permainan, serta cara memanfaatkan berbagai fitur
Blooket yang dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam belajar.
Tujuan Diklat:
- Memperkenalkan konsep gamifikasi
dalam pembelajaran dan manfaatnya dalam meningkatkan motivasi serta
keterlibatan siswa.
- Memberikan pemahaman mendalam tentang Blooket,
termasuk cara membuat kuis berbasis permainan dan cara mengelola permainan
interaktif.
- Melatih peserta untuk membuat materi
ajar yang menarik dengan menggunakan fitur-fitur Blooket seperti
leaderboard, power-up, dan analisis hasil.
- Membekali peserta dengan strategi untuk mengintegrasikan
Blooket dalam berbagai mata pelajaran dan skenario kelas.
- Mengembangkan kreativitas guru dalam
merancang pembelajaran yang kolaboratif dan kompetitif melalui
pendekatan game.
Materi Diklat:
- Pengantar Gamifikasi dalam Pendidikan.
- Mengenal Aplikasi Blooket: Fitur dan
Fungsinya.
- Cara Membuat Kuis dan Game Interaktif
dengan Blooket.
- Strategi Pembelajaran dengan Blooket
untuk Berbagai Mata Pelajaran.
- Evaluasi dan Analisis Hasil Pembelajaran
melalui Blooket.
Metode Diklat:
- Presentasi dan Diskusi Interaktif
- Tutorial Langsung tentang Penggunaan
Blooket
- Simulasi Pembuatan dan Pengelolaan Game
di Blooket
- Praktik Mandiri dan Bimbingan
Diklat ini sangat cocok bagi guru yang ingin
mengubah suasana kelas menjadi lebih dinamis dan interaktif
melalui pendekatan pembelajaran berbasis game. Dengan menerapkan Blooket, para
pendidik dapat membangun pembelajaran yang lebih menarik, efektif,
dan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa.
Profil
Diklat 100 Samisanov
Narasumber : Aries Eka Prasetya,
S.Pd, M.Si
Instansi : Pelatih
Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya
Judul materi
diklat : Belajar Seru dan Efektif: Penerapan Blooket untuk
Meningkatkan Keterlibatan Siswa
Pelaksanaan : Tanggal
29 September – 6 Oktober 2024
Alokasi Waktu |
||
Materi |
Praktek |
|
1.
Pengertian dan konsep dasar gamifikasi dalam
dunia pendidikan |
1 |
1 |
2.
Manfaat Gamifikasi dalam Pembelajaran |
1 |
1 |
3.
Studi Kasus Penggunaan Gamifikasi di Kelas |
1 |
1 |
4.
Penjelasan tentang platform Blooket dan cara
kerjanya |
1 |
2 |
5.
Fitur Utama Blooket |
1 |
2 |
6.
Kelebihan Blooket dalam Pembelajaran |
1 |
2 |
7.
Cara Membuat dan Mengelola Game di Blooket |
1 |
3 |
8.
Penjelasan berbagai mode permainan di
Blooket |
1 |
3 |
9.
Menerapkan Blooket dalam Pembelajaran
Berbagai Mata Pelajaran |
1 |
3 |
10.
Evaluasi Pembelajaran dan Analisis Hasil di
Blooket |
1 |
3 |
11.
Mengimplementasikan Blooket dalam
pembelajaran di kelas masing-masing |
1 |
3 |
12.
Penugasan membuat game menggunakan aplikasi
Blooket |
1 |
4 |
Jumlah |
12 JP |
28 JP |
Total
Jam |
40 JP |
Langkah
dalam mengikuti Diklat 100 Samisanov “Belajar Seru dan Efektif: Penerapan Blooket untuk
Meningkatkan Keterlibatan Siswa” :