Bagaimana menciptakan pembelajaran yang menyenangkan? Sebagai pendidik
dan pengajar mungkin pertanyaan tersebut kadang muncul dibenak kita,
menciptakan suasana pembelajaran yang asyik dan membuat siswa menikmati proses
pembelajaran merupakan dambaan para guru, dengan suasana pembelajaran yang
menarik bisa membuat siswa menjadi lebih aktif terlibat dalam proses
pembelajaran. Selain itu pembelajaran yang menyenangkan juga membuat siswa
lebih mudah dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan oleh guru.
Belajar di kelas tentu telah menjadi menu harian untuk Bapak/Ibu Guru
dan para murid di sekolah. Sebagai fasilitator utama di kelas, guru sangat
berperan untuk membuat menu harian ini selalu segar, menarik, dan tidak
membosankan. Maka dari itu, penyajian
materi dengan cara-cara yang baru dan menyenangkan dapat
menjadi salah satu faktor untuk menentukan hasil dari proses belajar mengajar
di kelas. Dengan suasana kelas yang menyenangkan, siswa akan menikmati kegiatan
belajar mereka tanpa adanya perasaan tertekan. Lalu, bagaimana ya caranya
membuat kelas tidak membosankan dan menjadikannya menyenangkan?
Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui kanal pelatihan SAMISANOV (satu minggu satu inovasi) ingin memberikan pelatihan kepada guru-guru Indonesia
untuk mendesain pembelajaran aktif,
kreatif, inovatif dan menyenangkan. Sehingga Diklat Online 59 Samisanov kali
ini mengambil judul : Merancang PBM
Menyenamgkan Sesuai Kurikulum Merdeka
Profil Diklat 59 Samisanov
Narasumber : Aries
Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
Instansi : Founder
Samisanov dan Pelatih Nasional IGI
Judul materi
diklat : Merancang PBM
Menyenamgkan Sesuai Kurikulum Merdeka
Pelaksanaan : Tanggal
30 Oktober – 6 November 2022
Materi yang akan di berikan dalam Diklat 59 Samisanov
diantaranya :
Alokasi Waktu |
||
Materi |
Praktek |
|
1. Memahami
pembelajaran yang menyenangkan |
1 |
2 |
2. Cara
membangkitkan suasana kelas yang interaktif |
2 |
2 |
3.
Aspek yang harus dipenuhi untuk pembelajaran
yang menyenangkan |
2 |
3 |
4. Inovasi
untuk model pembelajaran yang efektif |
2 |
3 |
5. Memahami metode-metode pembelajaran
inovatif |
2 |
3 |
6.
Menyusun tahapan-tahapan
pembelajaran PAIKEM |
2 |
3 |
7.
Membuat RPP pembelajaran Aktif, inovatif dan
menyenangkan |
2 |
3 |
8.
Penugasan Diklat berupa implementasi metode yang telah dibuat pada
kelas masing-masing |
2 |
6 |
Jumlah |
15 JP |
25 JP |
Total
Jam |
40 JP |
Langkah dalam mengikuti Diklat 59 Samisanov “Merancang PBM
Menyenamgkan Sesuai Kurikulum Merdeka”
: