Melakukan pembelajaran daring dengan aplikasi video conference seperti Google Meet, Zoom, Microsoft Teams rasanya masih menjadi hal yang paling populer. Namun, jika kita terbiasa mengajar dengan memberikan slide powerPoint apakah dengan melakukan share screen file PPT bisa cukup membuat murid atau mahasiswa tetap tertarik mengikuti pembelajaran secara daring?
Nah, untuk mengantisipasi masalah
klasik seperti kebosanan dan kurang menariknya cara penyampaian kita ketika
mengajar, maka sebagai pengajar kita perlu mencoba aplikasi baru yang
lebih interaktif dan inovatif seperti Kahoot dan Mentimeter.
Mentimeter adalah aplikasi
yang memungkinkan pengguna membuat presentasi dan menerima umpan balik waktu
nyata di kelas, rapat, konferensi, dan aktivitas grup lainnya. Pengguna bisa
mendapatkan umpan balik melalui jajak pendapat, kuis, awan kata, Q & A dan
fitur interaktif lainnya yang disertakan dalam presentasi.
Jadi intinya Mentimeter itu
seperti aplikasi presentasi yang bisa membantu kita berinteraksi secara
langsung di waktu yang bersamaan antara pengajar dan pembelajar. Walaupun
sebenarnya kita tidak bertatap muka secara langsung.
Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui kanal pelatihan SAMISANOV (satu minggu satu inovasi)
ingin memberikan pelatihan
kepada guru-guru Indonesia
untuk belajar mengenal sekaligus menggunakan
menti meter dalam pembelajaran. Sehingga Diklat Online 38 Samisanov kali ini mengambil judul : Memanfaatkan Menti Meter Untuk Media
Pembelajaran
Profil Diklat 38 Samisanov
Narasumber : Aries
Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
Instansi : Founder
Samisanov dan Pelatih Nasional IGI
Judul materi
diklat : Memanfaatkan Menti Meter
Untuk Media Pembelajaran
Pelaksanaan : Tanggal
31 Oktober – 7 November 2021
Materi Diklat Online 38 Samisanov
Alokasi Waktu |
||
Materi |
Praktek |
|
1.
Mengenal mentimeter sebagai aplikasi untuk
presentasi dan media pembelajaran |
1 |
2 |
2.
Mendisain pembelajaran yang menyenangkan
untuk kelas online menggunakan menti meter |
2 |
3 |
3. Membuat akun mentimeter |
2 |
3 |
4.
Mengenal menu-menu dan membuat presentasi
dengan mentimenter |
2 |
4 |
5.
Membuat presentasi
dengan skema slide pembuka, apersepsi, materi, evaluasi dan penutup
menggunakan mentimeter |
2 |
4 |
6. Mempraktekan presentasi secara langsung (presenter pace) dan
penugasan (audience pace) kepada
peserta didik |
3 |
4 |
7. Penugasan
diklat memanfaatkan mentimeter untuk membuat media dan presentasi pembelajaran |
2 |
6 |
Jumlah |
14 JP |
26 JP |
Total Jam |
40 JP |
Langkah
dalam mengikuti Diklat 38 Samisanov “Memanfaatkan Menti
Meter Untuk Media Pembelajaran”