Komik merupakan suatu bentuk bacaan di mana peserta didik diharap mau membaca tanpa perasaan terpaksa/harus dibujuk. Kelebihan dari bacaan yang berbentuk komik ini telah banyak dimanfaatkan oleh negara-negara maju sebagai alat untuk meningkatkan minat baca anak pada buku-buku pelajaran. Salah satu negara yang telah memanfaatkan komik sebagai salah satu pendukung keberhasilan pendidikannya adalah Jepang. Di Jepang, komik bukan merupakan benda asing yang digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Bahkan, beberapa buku sekolah di Jepang diterbitkan dalam bentuk komik. Kenyataannya, komik menjadi media pembelajaran yang sangat efektif dan sangat diminati siswa dengan gambar dan cara bertuturnya yang lugas. Maka di Indonesia perlu juga memanfaatkan media komik untuk pembelajaran. Komik akan membuat siswa menjadi mudah dan antusias dalam mempelajari materi yang sedang dipelajarinya.
Comic Life adalah aplikasi ringan dan menarik yang bisa Anda pakai
untuk membuat komik sendiri, yaitu untuk membuat cerita dengan memakai foto
atau gambar Anda sendiri. Pemakaiannya sangat mudah dan juga lucu. Selain itu
ada pula penambahan efek, teks, gambar, dan lain-lain. Semuanya semudah
memilih template dan tarik-lepas gambar. Saat Anda sudah membuat
halaman, Anda bisa memasukkan kotak teks, ekspresi, hit, dan lain-lain. Jumlah template dan
efek yang diberikan oleh Comic Life ini sangat banyak, dan tentu saja Anda juga
bisa membuat kreasi Anda sendiri.
Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui kanal pelatihan SAMISANOV
(satu minggu satu inovasi) ingin memberikan pelatihan kepada guru-guru
Indonesia untuk memanfaatkan comic life dalam membuat media pembelajaran agar
bisa meningkatkan minat siswa dalam belajar. Sehingga Diklat 58 Samisanov kali
ini mengambil judul : Membuat Media Komik Untuk Pembelajaran Menggunakan
Comic Life.
Materi yang akan di berikan dalam Diklat 58 Samisanov
diantaranya :
Alokasi Waktu |
||
Materi |
Praktek |
|
1 |
2 |
|
2.
Pemanfaatan aplikasi Comic Life untuk membuat komik pembelajaran |
1 |
2 |
3.
Menginstall
aplikasi Comic Life |
1 |
2 |
4.
Membuat scenario yang akan dijadikan komik |
1 |
3 |
5.
Mengumpulkan bahan-bahan media poto dan gambar yang akan
dijadikan komik |
1 |
3 |
6.
Menggunakan
aplikasi Comic Life untuk Menyusun komik pembelajaran |
1 |
3 |
7. Proses produksi komik pembelajaran
menggunakan Comic Life : ü
Membuat lembar baru untuk komik ü
Memasukan judul dan gambar / poto untuk
dijadikan komik ü
Memasukan narasi / ballon deskripsi komik ü
Menyusun tampilan / tata letak komik ü
Menyimpan proyek lembaran komik |
1 |
3 |
8. Save dan share komik yang telah di buat
kepada siswa |
1 |
4 |
9. Mempraktekan penggunaan media komik dalam
PBM |
1 |
4 |
10. Penugasan dengan membuat Media Komik Pembelajaran dengan
materi masing-masing |
1 |
4 |
Jumlah |
10 JP |
30 JP |
Total
Jam |
40 JP |
Profil
Diklat 58 Samisanov
Narasumber
: Aries Eka
Prasetya, S.Pd, M.Si
Instansi : Pelatih Nasional IGI
dan Founder Samisanov
Judul
materi diklat : Membuat
Media Komik Untuk Pembelajaran Menggunakan Comic Life.
Pelaksanaan :
9-16 Oktober 2022
Langkah
dalam mengikuti Diklat 58 Samisanov “Membuat
Media Pembelajaran Keren Dengan Assemblr EDU Membuat Media Komik Untuk Pembelajaran
Menggunakan Comic Life ”