PTK merupakan pendekatan yang berpusat pada guru dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjadi peneliti dalam konteks kelasnya sendiri. Dengan melibatkan guru sebagai peneliti, PTK dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang proses pembelajaran dan membantu mereka mengembangkan praktik pembelajaran yang lebih efektif. Best practice adalah praktik atau metode yang diakui dan diterima secara luas sebagai pendekatan terbaik atau paling efektif dalam suatu bidang atau konteks tertentu. Best practice muncul berdasarkan pengalaman, penelitian, dan analisis data yang menunjukkan hasil yang positif atau optimal dalam mencapai tujuan tertentu.
Dalam konteks PTK, best practice berperan sebagai acuan atau pedoman
untuk memandu guru dalam merencanakan dan mengimplementasikan strategi
pembelajaran yang efektif. Guru menggunakan pengetahuan best practice yang
diperoleh dari literatur, penelitian, pengalaman, atau pemantauan praktik
terbaik di bidang pendidikan untuk merancang intervensi yang sesuai. Dengan menerapkan
best practice, guru berupaya mencapai hasil yang optimal dan meningkatkan
praktik pembelajaran di kelas.
Memasuki
masa liburan siswa, maka guru sudah waktunya untuk melakukan refleksi dalam
pembelajaran selama ini. Refleksi dalam upaya untuk memperbaiki PBM nya dan
bisa dilakukan dengan melaksanakan PTK. Bagaimanakah
merancang PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Best Practice yang baik dan benar
? Apakah mudah membuat PTK mulai proposal sampai seminar ? Pertanyaan itu akan
dibahas tuntas dalam pelatihan Samisanov 73 kali ini. Anda akan diajak
untuk belajar merancang Penelitian Tindakan Kelas dalam upaya merefleksi pembelajaran anda agar semakin baik kedepannya.
Ayo Ikutan dalam Diklat 73 Samisanov.
Judul Diklat Online 73 Samisanov : “Membuat Rancangan PTK dan Best Practice”
Materi yang
akan di berikan dalam Diklat 73 Samisanov diantaranya :
Alokasi Waktu |
||
Materi |
Praktek |
|
1.
Mengenal Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dan tujuannya |
1 |
2 |
2. Perbedaan dan hubungan antara PTK dan Best Practice |
1 |
2 |
3. Manfaat dan Karakteristik Best Practice |
1 |
2 |
4.
Manfaat dan Karakteristik PTK |
1 |
2 |
5.
Langkah-langkah dalam
membuat PTK |
1 |
3 |
6.
Menyusun Bab 1 Pendahuluan PTK mulai
Menyusun latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat PTK |
1 |
3 |
7.
Menyusun Bab 2 Kajian
Pustaka yang mendukung PTK |
1 |
3 |
8. Menyusun Bab 3 Metode Penelitian dan gambaran PTK |
1 |
4 |
9. Tips dan Trik Menyusun PTK dan menseminarkannya |
1 |
4 |
10. Penugasan membuat Proposal PTK atau Best Practice |
1 |
5 |
Jumlah |
10 JP |
30 JP |
Total Jam |
40 JP |
Profil Diklat
73 Samisanov
Narasumber
: Aries Eka Prasetya,
S.Pd, M.Si
Instansi : Trainer
Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya
Judul materi diklat : Membuat Rancangan PTK dan Best Practice
Pelaksanaan :
2-9 Juli 2023
Langkah
dalam mengikuti Diklat 73 Samisanov “Membuat Rancangan
PTK dan Best Practice” :