Untuk memotivasi siswa, guru harus bekerja keras lagi, mencari berbagai cara untuk mencegah agar siswa tidak bosan. Berbagai metode digunakan agar pembelajaran daring lebih menarik. Educandy adalah aplikasi berbasis web yang memiliki slogan ‘making learning sweeter’ (membuat belajar lebih manis). Educandy dapat digunakan untuk membuat permainan daring yang menyenangkan. Permainan yang dibuat masih dalam konteks belajar tetapi tidak membosankan. Adanya permainan edukasi membuat pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan mengasyikkan. Siswa langsung log in tanpa harus membuat akun dan guru dapat mendesain pembelajaran dengan membuat pertanyaan. Permainan ini biasanya sangat disukai oleh siswa karena mengasyikkan.
Keberhasilan permainan ini dapat menumbuhkan kemandirian dari siswa. Siswa
dapat mengisi pertanyaan dengan tepat dan cepat dan siswa juga dapat berpikir
cepat (thinking fast) dan berpikir lambat (thinking slow) dalam mengerjakan
soal dalam permainan educandy tersebut. Hasil yang diperoleh siswa memberikan
kontribusi keberhasilan yang sangat memuaskan karena siswa menjadi lebih aktif
dan mandiri dalam pengerjaaannya.
Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui kanal pelatihan SAMISANOV (satu minggu satu
inovasi) ingin memberikan pelatihan kepada guru-guru Indonesia untuk memanfaatkan
educandy dalam membuat evaluasi pembelajaran agar bisa membantu guru di pembelajaran
dalam Kurikulum Merdeka saat ini. Sehingga Diklat 56 Samisanov kali ini
mengambil judul : Membuat Game Edukasi dengan Educandy
Materi yang akan di berikan dalam Diklat 56 Samisanov
diantaranya :
Alokasi Waktu |
||
Materi |
Praktek |
|
1.
Mengenal Website Educandy sebagai salah satu media pembelajaran sekaligus evaluasi yang menyenangkan |
1 |
3 |
2.
Kelebihan yang terdapat pada educandy sebagai media pembelajaran online |
1 |
3 |
3.
Mengenal
menu dan memulai Educandy |
1 |
3 |
4.
Mengenal jenis-jenis evaluasi quiz dengan
educandy |
1 |
3 |
5.
Membuat quiz menggunakan educandy |
1 |
4 |
6.
Menshare quiz pada siswa dengan educandy |
1 |
4 |
7.
Melihat
hasil pekerjaan siswa dengan aplikasi educandy |
2 |
5 |
8. Penugasan membuat evaluasi pembelajaran
menggunakan educandy |
2 |
5 |
Jumlah |
10 JP |
30 JP |
Total
Jam |
40 JP |
Profil
Diklat 56 Samisanov
Narasumber
: Aries Eka
Prasetya, S.Pd, M.Si
Instansi : Pelatih Nasional IGI
dan Founder Samisanov
Judul materi diklat : Membuat Game Edukasi dengan Educandy
Pelaksanaan :
29 Agustus-5 September 2022
Langkah
dalam mengikuti Diklat 56 Samisanov “Membuat
Game Edukasi dengan Educandy” :