Rabu, 18 September 2024

Diklat 100 Samisanov : Belajar Seru dan Efektif, Penerapan Blooket untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa



Dalam era digital yang semakin berkembang, metode pembelajaran tradisional perlu beradaptasi dengan teknologi yang menarik minat siswa. Salah satu pendekatan yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa adalah dengan gamifikasi, di mana materi pelajaran disajikan dalam bentuk permainan yang interaktif. Aplikasi Blooket hadir sebagai salah satu solusi inovatif untuk menggabungkan pembelajaran dan permainan, menjadikan proses belajar lebih seru, menyenangkan, dan tetap efektif.

 

Diklat ini dirancang untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada para pendidik dalam memanfaatkan Blooket sebagai alat pembelajaran interaktif di kelas. Peserta akan dibimbing untuk memahami cara membuat dan mengelola kuis, permainan, serta cara memanfaatkan berbagai fitur Blooket yang dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam belajar.

 

Tujuan Diklat:

  1. Memperkenalkan konsep gamifikasi dalam pembelajaran dan manfaatnya dalam meningkatkan motivasi serta keterlibatan siswa.
  2. Memberikan pemahaman mendalam tentang Blooket, termasuk cara membuat kuis berbasis permainan dan cara mengelola permainan interaktif.
  3. Melatih peserta untuk membuat materi ajar yang menarik dengan menggunakan fitur-fitur Blooket seperti leaderboard, power-up, dan analisis hasil.
  4. Membekali peserta dengan strategi untuk mengintegrasikan Blooket dalam berbagai mata pelajaran dan skenario kelas.
  5. Mengembangkan kreativitas guru dalam merancang pembelajaran yang kolaboratif dan kompetitif melalui pendekatan game.

Materi Diklat:

  1. Pengantar Gamifikasi dalam Pendidikan.
  2. Mengenal Aplikasi Blooket: Fitur dan Fungsinya.
  3. Cara Membuat Kuis dan Game Interaktif dengan Blooket.
  4. Strategi Pembelajaran dengan Blooket untuk Berbagai Mata Pelajaran.
  5. Evaluasi dan Analisis Hasil Pembelajaran melalui Blooket.

 

Metode Diklat:

  • Presentasi dan Diskusi Interaktif
  • Tutorial Langsung tentang Penggunaan Blooket
  • Simulasi Pembuatan dan Pengelolaan Game di Blooket
  • Praktik Mandiri dan Bimbingan

 

Diklat ini sangat cocok bagi guru yang ingin mengubah suasana kelas menjadi lebih dinamis dan interaktif melalui pendekatan pembelajaran berbasis game. Dengan menerapkan Blooket, para pendidik dapat membangun pembelajaran yang lebih menarik, efektif, dan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa.

 

Profil Diklat 100 Samisanov

Narasumber                   : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                            : Pelatih Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat       : Belajar Seru dan Efektif: Penerapan Blooket untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa

Pelaksanaan                   : Tanggal 29 September – 6 Oktober 2024

 

 Materi yang akan di berikan dalam Diklat 100 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.       Pengertian dan konsep dasar gamifikasi dalam dunia pendidikan

1

1

2.       Manfaat Gamifikasi dalam Pembelajaran

1

1

3.       Studi Kasus Penggunaan Gamifikasi di Kelas

1

1

4.       Penjelasan tentang platform Blooket dan cara kerjanya

1

2

5.       Fitur Utama Blooket

1

2

6.       Kelebihan Blooket dalam Pembelajaran

1

2

7.       Cara Membuat dan Mengelola Game di Blooket

1

3

8.       Penjelasan berbagai mode permainan di Blooket

1

3

9.       Menerapkan Blooket dalam Pembelajaran Berbagai Mata Pelajaran

1

3

10.   Evaluasi Pembelajaran dan Analisis Hasil di Blooket

1

3

11.   Mengimplementasikan Blooket dalam pembelajaran di kelas masing-masing

1

3

12.   Penugasan membuat game menggunakan aplikasi Blooket

1

4

Jumlah

12 JP

28 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 100 Samisanov Belajar Seru dan Efektif: Penerapan Blooket untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa”  :

Selasa, 03 September 2024

Diklat 99 Samisanov : Membangun Portofolio Digital Siswa untuk Pembelajaran Interaktif Menggunakan Seesaw



Dalam era digital saat ini, kemampuan untuk mengelola dan mendokumentasikan pembelajaran siswa secara efektif menjadi semakin penting. Aplikasi Seesaw hadir sebagai solusi yang inovatif, memungkinkan guru untuk membangun portofolio digital siswa yang interaktif, mendukung pembelajaran yang lebih bermakna, serta meningkatkan keterlibatan siswa dan orang tua dalam proses pendidikan.

 

Diklat ini dirancang untuk membantu para guru memahami dan memanfaatkan Seesaw secara optimal dalam lingkungan pembelajaran. Peserta akan diajak untuk mengeksplorasi fitur-fitur Seesaw yang memungkinkan dokumentasi pembelajaran, memberikan umpan balik, dan mengembangkan tugas yang menarik dan interaktif. Diklat ini juga akan membahas cara-cara untuk melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran melalui Seesaw, serta strategi terbaik untuk mengintegrasikan platform ini dalam pembelajaran sehari-hari, baik dalam konteks kelas fisik maupun pembelajaran jarak jauh.

 

Tujuan Diklat:

  1. Memahami konsep dan manfaat portofolio digital dalam pembelajaran.
  2. Menguasai penggunaan Seesaw untuk membuat, mengelola, dan menilai portofolio digital siswa.
  3. Mengembangkan keterampilan dalam memberikan umpan balik konstruktif kepada siswa melalui platform Seesaw.
  4. Meningkatkan keterlibatan siswa dan orang tua dalam proses pembelajaran dengan menggunakan Seesaw.
  5. Mengintegrasikan Seesaw dalam pembelajaran harian untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan bermakna.

 

Rincian Materi Diklat:

  1. Pengenalan Seesaw: Apa itu Seesaw dan bagaimana platform ini dapat digunakan dalam pendidikan.
  2. Membangun Portofolio Digital: Langkah-langkah untuk membuat portofolio digital siswa yang mencakup berbagai jenis media.
  3. Umpan Balik dan Penilaian: Teknik memberikan umpan balik yang efektif melalui Seesaw dan cara memantau perkembangan siswa.
  4. Melibatkan Orang Tua: Strategi untuk melibatkan orang tua dalam pembelajaran siswa melalui Seesaw.
  5. Pembelajaran Interaktif: Menciptakan tugas dan aktivitas interaktif yang meningkatkan keterlibatan siswa.
  6. Praktik Terbaik dalam Penggunaan Seesaw: Contoh kasus dan diskusi tentang integrasi Seesaw dalam pembelajaran harian.

 

Metode Diklat:

  • Workshop Interaktif: Peserta akan langsung mempraktikkan cara menggunakan Seesaw dalam skenario pembelajaran nyata.
  • Diskusi Kelompok: Sharing pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam implementasi Seesaw.
  • Studi Kasus: Analisis kasus penggunaan Seesaw yang sukses dalam berbagai konteks pembelajaran.

 

Diklat ini akan memberikan para guru keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan terstruktur, dengan dukungan teknologi digital yang efektif. Dengan portofolio digital yang terorganisir dan interaktif, siswa akan lebih termotivasi, dan guru akan lebih mudah dalam melacak perkembangan serta memberikan dukungan yang sesuai untuk setiap siswa.

 

Profil Diklat 99 Samisanov

Narasumber                   : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                            : Pelatih Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat       : Membangun Portofolio Digital Siswa untuk Pembelajaran Interaktif Menggunakan Seesaw

Pelaksanaan                   : Tanggal 15-22 September 2024

 

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 99 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.       Peran portofolio digital dalam mendokumentasikan perkembangan siswa.

1

2

2.       Contoh nyata dari guru yang berhasil menggunakan portofolio digital Seesaw di kelas mereka

1

3

3.       Fitur utama Seesaw: portofolio digital, tugas interaktif, komunikasi dengan orang tua.

1

4

4.       Membuat akun dan menyiapkan kelas di Seesaw

1

4

5.       Menambahkan konten (gambar, video, teks, dan suara) ke dalam portofolio

1

4

6.       Strategi menggunakan Seesaw dalam setting pembelajaran jarak jauh

1

4

7.       Studi kasus dari guru yang menggunakan Seesaw dalam berbagai mata pelajaran

1

5

8.       Penugasan merancang rencana implementasi Seesaw di kelas masing-masing peserta

1

6

Jumlah

8 JP

32 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 99 Samisanov Membangun Portofolio Digital Siswa untuk Pembelajaran Interaktif Menggunakan Seesaw”  :