Hello Historian......
-Guru menjelaskan stimulus tentang materi yang akan disampaikan pada hari ini
-Setelah siswa memahami tentang indikator pembelajaran maka sslanjutnya guru menjelaskan tentang metode yang akan digunakan
-Dalam waktu 15 menit siswa belajar dan menghafal tentang materi yang akan dipelajari
-Selanjutnya secara random sampling siswa maju kedepan untuk menceritakan kembali materi yang telah dipahami
-Jika hafalan siswa berhenti dalam satu titik materi maka selanjutnya wajib dilanjutkan hafalan tersebut oleh siswa urutan selanjutnya
-Hal ini terus dilakukan hingga waktu jam pelajaran berakhir
Kamis 15 Maret 2018 di kelas 11 IPS 2 dilaksanakan pembelajaran Sejarah Peminatan dengan materi perlawanan bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang. Metode yang digunakan dalam pembelajaran kali ini yaitu Ngomong Dadakan.
Metode ini tidak lebih dari belajar cepat dalam memahami materi sejarah dengan cara menceritakan kembali apa yang telah siswa pahami.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam metode ini diantaranya yaitu :
Metode ini tidak lebih dari belajar cepat dalam memahami materi sejarah dengan cara menceritakan kembali apa yang telah siswa pahami.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam metode ini diantaranya yaitu :
-Guru menjelaskan stimulus tentang materi yang akan disampaikan pada hari ini
-Setelah siswa memahami tentang indikator pembelajaran maka sslanjutnya guru menjelaskan tentang metode yang akan digunakan
-Dalam waktu 15 menit siswa belajar dan menghafal tentang materi yang akan dipelajari
-Selanjutnya secara random sampling siswa maju kedepan untuk menceritakan kembali materi yang telah dipahami
-Jika hafalan siswa berhenti dalam satu titik materi maka selanjutnya wajib dilanjutkan hafalan tersebut oleh siswa urutan selanjutnya
-Hal ini terus dilakukan hingga waktu jam pelajaran berakhir
Penilaian :
*Siswa yang bisa menjelaskan secara runtut dan lengkap dengan caranya dia sendiri mendapatkan nilai antara 81 hingga 100
*Sedangkan siswa yang kurang lengkap menjelaskan, mendapatkan nilai antara 70-79
*Siswa yang tidak siap dalam artian tidak bisa menjelaskan dan kebingungan dalam menjelaskannya mendapatkan nilai dibawah KKM antara 0 sampai 70
*Siswa yang bisa menjelaskan secara runtut dan lengkap dengan caranya dia sendiri mendapatkan nilai antara 81 hingga 100
*Sedangkan siswa yang kurang lengkap menjelaskan, mendapatkan nilai antara 70-79
*Siswa yang tidak siap dalam artian tidak bisa menjelaskan dan kebingungan dalam menjelaskannya mendapatkan nilai dibawah KKM antara 0 sampai 70
Ternyata melalui metode ini siswa banyak belajar tentang materi secara cepat dan belajar strategi untuk bisa menjelaskan materi di depan kelas.
Terus berbagi melalui inovasi pencipta kreasi mendidik anak negeri.
Videonya bisa dilihat sebagai berikut ....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....