Hello Historian......
Pembelajaran sejarah di kelas 11 IPS 1 di siang hari ini diwarnai dengan
metode baru yaitu bernama tukar konsep biar nggak Kasep. Metode yang
digunakan pada pertemuan kali ini untuk memberikan sentuhan permainan
sekaligus pembelajaran dalam materi perang dunia ke-2.
Langkah-langkah yang harus dilakukan diantaranya :
- setelah selesai menjelaskan tentang indikator dan tujuan pembelajaran pada hari ini selanjutnya guru memberikan stimulus tentang materi pembelajaran perang dunia ke-2
- untuk perdalam materi tentang materi perang dunia ke-2 maka dilakukan sebuah kuis untuk siswa
- quiz berhadiah poin di mana bisa digunakan untuk memperbaiki nilai-nilai yang kurang nantinya
- quiz kali ini bernama tukar konsep biar tidak kasep (lupa)
- setiap siswa menulis dalam sebuah lembar kertas tentang satu konsep yang paling dia pahami dari materi perang dunia ke-2
- tentunya dia harus sudah paham tentang konsep yang dia Tuliskan tersebut
- setiap anak mempunyai satu konsep yang wajib nanti harus diceritakan pada teman lainnya
- selanjutnya siswa dibawa ke lapangan atau Taman selanjutnya mereka saling bertukar konsep
- tiap pasangan siswa berjabat tangan kemudian menukarkan kertas yang berisi konsep tersebut
- setelah kertas dibuka maka siswa bisa menanyakan konsep itu pada orang yang memberikan kertas tadi
- dan setiap siswa bisa menceritakan atau menjelaskan mengenai konsep yang telah dia berikan
- sebagai pendengar memberikan penilaian terhadap penguasaan yang diberikan oleh teman satunya tadi (yg menjelaskan)
- begitu terus hingga waktu pembelajaran berakhir (kurang lebih 15 menit)
- setiap siswa mendapatkan pasangan yang lainnya kemudian menceritakan kembali kepada teman lainnya, sekaligus dia mendengarkan konsep dari teman yang lainnya
- penilaian poin oleh teman didasarkan pada :
* jika dia menjelaskan dengan jelas serta bisa dipahami dan bisa cepat untuk dihafalkan mendapatkan 10 sampai 20 poin
* jika dia menjelaskan belum bisa runtut secara kronologis atau tidak jelas maka mendapatkan poin 5 sampai 15 poin
* jika dia tidak menguasai materi yang hanya mampu menyebutkan konsepnya secara sederhana maka dia mendapatkan 0 sampai 5 poin.
- hal ini terus dilakukan sehingga setiap Siswa memiliki Pemahaman konsep yang telah dia pahami dan mendengarkan konsep-konsep pemahaman dari teman yang lainnya.
Melalui pembelajaran ini maka Seorang siswa akan bisa belajar terstruktur dalam menjelaskan sesuatu, kemudian mendengarkan penjelasan oleh teman yang lainnya sekaligus memberikan penilaian pada teman tersebut.
Alhamdulillah melalui metode ini siswa kelas 11 IPS 1 mampu melaksanakan dengan baik. Setiap Siswa memiliki penilaian bahwa metode ini semakin muda untuk memahami materi karena dia diberikan informasi oleh temannya sendiri (belajar teman sejawat).
Terus berinovasi dan berkreasi untuk mencerdaskan anak negeri.
Sharing and growing together.
Langkah-langkah yang harus dilakukan diantaranya :
- setelah selesai menjelaskan tentang indikator dan tujuan pembelajaran pada hari ini selanjutnya guru memberikan stimulus tentang materi pembelajaran perang dunia ke-2
- untuk perdalam materi tentang materi perang dunia ke-2 maka dilakukan sebuah kuis untuk siswa
- quiz berhadiah poin di mana bisa digunakan untuk memperbaiki nilai-nilai yang kurang nantinya
- quiz kali ini bernama tukar konsep biar tidak kasep (lupa)
- setiap siswa menulis dalam sebuah lembar kertas tentang satu konsep yang paling dia pahami dari materi perang dunia ke-2
- tentunya dia harus sudah paham tentang konsep yang dia Tuliskan tersebut
- setiap anak mempunyai satu konsep yang wajib nanti harus diceritakan pada teman lainnya
- selanjutnya siswa dibawa ke lapangan atau Taman selanjutnya mereka saling bertukar konsep
- tiap pasangan siswa berjabat tangan kemudian menukarkan kertas yang berisi konsep tersebut
- setelah kertas dibuka maka siswa bisa menanyakan konsep itu pada orang yang memberikan kertas tadi
- dan setiap siswa bisa menceritakan atau menjelaskan mengenai konsep yang telah dia berikan
- sebagai pendengar memberikan penilaian terhadap penguasaan yang diberikan oleh teman satunya tadi (yg menjelaskan)
- begitu terus hingga waktu pembelajaran berakhir (kurang lebih 15 menit)
- setiap siswa mendapatkan pasangan yang lainnya kemudian menceritakan kembali kepada teman lainnya, sekaligus dia mendengarkan konsep dari teman yang lainnya
- penilaian poin oleh teman didasarkan pada :
* jika dia menjelaskan dengan jelas serta bisa dipahami dan bisa cepat untuk dihafalkan mendapatkan 10 sampai 20 poin
* jika dia menjelaskan belum bisa runtut secara kronologis atau tidak jelas maka mendapatkan poin 5 sampai 15 poin
* jika dia tidak menguasai materi yang hanya mampu menyebutkan konsepnya secara sederhana maka dia mendapatkan 0 sampai 5 poin.
- hal ini terus dilakukan sehingga setiap Siswa memiliki Pemahaman konsep yang telah dia pahami dan mendengarkan konsep-konsep pemahaman dari teman yang lainnya.
Melalui pembelajaran ini maka Seorang siswa akan bisa belajar terstruktur dalam menjelaskan sesuatu, kemudian mendengarkan penjelasan oleh teman yang lainnya sekaligus memberikan penilaian pada teman tersebut.
Alhamdulillah melalui metode ini siswa kelas 11 IPS 1 mampu melaksanakan dengan baik. Setiap Siswa memiliki penilaian bahwa metode ini semakin muda untuk memahami materi karena dia diberikan informasi oleh temannya sendiri (belajar teman sejawat).
Terus berinovasi dan berkreasi untuk mencerdaskan anak negeri.
Sharing and growing together.
mantap pak !!!izin untuk mencontoh metode itu, kelihatannya asyik
BalasHapus