Hello Historian......
Jika kmu punya anak atau siswa nnti, ketika dia tanya dan membuka rapotmu kalo ada nilai 45 kamu bisa cerita apa? Tp kalo saya tulis 80 dan kamu skrg sudah tau maksudnya mka kamu bisa cerita apa pada mereka.
Apakah kmu paham?
Mahasiswa : paham pak.... Terima kasih pencerahannya
*mahasiswa itu bernama Aries
Ada sebuah obrolan mahasiswa dan dosen nya berkait dengan nilai yg tertera di raport nya...
Mahasiswa : pak ini kenapa nilai saya jd 80 padahal UTS dan UAS serta tugas saya tidak tuntas nilainya cuman 45
Dosen : saya tdk salah ketik memang itu nilaimu
Mahasiswa : lho kok bisa pak?
Dosen : ketika kamu dpt 45 itu memang nilaimu. Sekarang jawab saya...
Apakah hanya sebatas itu kemampuan otakmu?
Mahasiswa : tidak pak... Saya akan belajar memperbaikinya
Dosen : nah.... Apakah jika kamu sudah belajar akan dpt nilai 45 lagi ?
Mahasiswa : bisa jadi atau makin tinggi
Dosen : tiap manusia punya otak yg berkembang, tiap insan punya semangat buat move on, dan tentunya tiap orang ingin mendapat hasil yg baik. Jika saya tulis 45 nilai itu tdk akan berubah sampai kamu tua nanti, tapi sengaja saya tulis 80 krn saya tau kamu pasti akan move on dan 80 adalah kemampuan mu sebenarnya setelah mengetahui maksud saya menulis 80 di rapot mu.
Mahasiswa : pak ini kenapa nilai saya jd 80 padahal UTS dan UAS serta tugas saya tidak tuntas nilainya cuman 45
Dosen : saya tdk salah ketik memang itu nilaimu
Mahasiswa : lho kok bisa pak?
Dosen : ketika kamu dpt 45 itu memang nilaimu. Sekarang jawab saya...
Apakah hanya sebatas itu kemampuan otakmu?
Mahasiswa : tidak pak... Saya akan belajar memperbaikinya
Dosen : nah.... Apakah jika kamu sudah belajar akan dpt nilai 45 lagi ?
Mahasiswa : bisa jadi atau makin tinggi
Dosen : tiap manusia punya otak yg berkembang, tiap insan punya semangat buat move on, dan tentunya tiap orang ingin mendapat hasil yg baik. Jika saya tulis 45 nilai itu tdk akan berubah sampai kamu tua nanti, tapi sengaja saya tulis 80 krn saya tau kamu pasti akan move on dan 80 adalah kemampuan mu sebenarnya setelah mengetahui maksud saya menulis 80 di rapot mu.
Jika kmu punya anak atau siswa nnti, ketika dia tanya dan membuka rapotmu kalo ada nilai 45 kamu bisa cerita apa? Tp kalo saya tulis 80 dan kamu skrg sudah tau maksudnya mka kamu bisa cerita apa pada mereka.
Apakah kmu paham?
Mahasiswa : paham pak.... Terima kasih pencerahannya
*mahasiswa itu bernama Aries
Bakal ada 2 pandangan melihat nilai 70 yg saya tulis di raport sisipan kmrn
1. Pemberian (pitulungan) dan disikapi oleh siswa dengan santai, ah kalo gtu g perlu belajar kan nanti diubah jd KKM (negatif thinking)
2. Ini nilai cambukan dan hukuman sosial bagi saya krn saya tau kemampuan saya bisa lebih dari sekarang, maka saya akan berusaha lebih baik lagi ke depannya (positif thinking)
1. Pemberian (pitulungan) dan disikapi oleh siswa dengan santai, ah kalo gtu g perlu belajar kan nanti diubah jd KKM (negatif thinking)
2. Ini nilai cambukan dan hukuman sosial bagi saya krn saya tau kemampuan saya bisa lebih dari sekarang, maka saya akan berusaha lebih baik lagi ke depannya (positif thinking)
Lebih baik sekarng kamu tau hukuman 70 dan nanti jd lbh baik ke depannya
Daripada sekarang ditulis apa adanya, tdk tau harus apa, ketika sudah tua perlu nilai raport langsung di ubah dgn cara curang (seperti kasus politisi hitam yg pake ijazah palsu dsb)
Daripada sekarang ditulis apa adanya, tdk tau harus apa, ketika sudah tua perlu nilai raport langsung di ubah dgn cara curang (seperti kasus politisi hitam yg pake ijazah palsu dsb)
Kamu mau yg mana?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....