Hello Historian......
-Terlebih dahulu siswa diberi kesempatan untuk belajar materi yang akan dibahas pada hari ini
-Guru menjelaskan tentang aturan lu tanya gue jawab. Dimana tiap siswa diminta untuk membuat soal sebanyak-banyaknya dalam pemahaman materi yang dia pelajari tadi
-Kemudian setelah itu kelas dibentuk menjadi seperti lingkaran
-Digunakan 2 maskot yaitu maskot elo yang digunakan untuk bertanya, dan maskot gue yang digunakan untuk menjawab
-maskot dijalankan (dipindahkan antar siswa) ke arah kanan dengan kondisi siswa dalam lingkaran bernyanyi bersama-sama
-Setelah nyanyian dihentikan oleh guru maka siapapun yang memegang maskot wajib untuk melaksanakan tanya jawab
-Siswa yang bertanya mendapatkan 5 poin, siswa yang menjawab dengan memegang maskot mendapatkan 5 poin,.
-Namun jika siswa yang membawa maskot gue tidak bisa menjawab soal tersebut dilempar ke siswa lainnya, dan mendapatkan 4 poin
-Siswa yang tidak bisa menjawab berarti tidak mendapatkan poin
-Hal ini dilakukan terus hingga beberapa putaran
Salam Samisanov Senin 22 Januari 2018 pembelajaran sejarah di kelas 11 IPS 1 menggunakan metode Elu tanya gue jawab. Dalam metode ini diharapkan siswa bisa memahami materi dengan cara yang lebih menyenangkan.
Kegiatan metode "lu tanya gue jawab" dilaksanakan dengan tahapan :
-Terlebih dahulu siswa diberi kesempatan untuk belajar materi yang akan dibahas pada hari ini
-Guru menjelaskan tentang aturan lu tanya gue jawab. Dimana tiap siswa diminta untuk membuat soal sebanyak-banyaknya dalam pemahaman materi yang dia pelajari tadi
-Kemudian setelah itu kelas dibentuk menjadi seperti lingkaran
-Digunakan 2 maskot yaitu maskot elo yang digunakan untuk bertanya, dan maskot gue yang digunakan untuk menjawab
-maskot dijalankan (dipindahkan antar siswa) ke arah kanan dengan kondisi siswa dalam lingkaran bernyanyi bersama-sama
-Setelah nyanyian dihentikan oleh guru maka siapapun yang memegang maskot wajib untuk melaksanakan tanya jawab
-Siswa yang bertanya mendapatkan 5 poin, siswa yang menjawab dengan memegang maskot mendapatkan 5 poin,.
-Namun jika siswa yang membawa maskot gue tidak bisa menjawab soal tersebut dilempar ke siswa lainnya, dan mendapatkan 4 poin
-Siswa yang tidak bisa menjawab berarti tidak mendapatkan poin
-Hal ini dilakukan terus hingga beberapa putaran
Selanjutnya dilaksanakan yang namanya putaran penghabisan. Setiap siswa diperbolehkan untuk memberikan pertanyaan tapi dengan syarat harus melontarkan passwordnya. Password yang dimaksud disini adalah segala bentuk pembahasan materi yang dia peroleh di kelas yaitu pelajaran selain sejarah. Role nya sebagai berikut :
-Siswa yang bisa mengucapkan password maka dia berhak untuk memberikan satu pertanyaan. Siswa tersebut berhak mendapatkan poin.
-Siswa lainnya yang bisa menjawab soal tersebut maka otomatis dia juga mendapatkan poin.
-Kedua siswa yang berhasil bertanya dan menjawab tersebut untuk meninggalkan lingkaran.
-Hal ini dilakukan terus hingga lingkaran habis atau tidak ada lagi siswa di dalam lingkaran.
-Siswa yang bisa mengucapkan password maka dia berhak untuk memberikan satu pertanyaan. Siswa tersebut berhak mendapatkan poin.
-Siswa lainnya yang bisa menjawab soal tersebut maka otomatis dia juga mendapatkan poin.
-Kedua siswa yang berhasil bertanya dan menjawab tersebut untuk meninggalkan lingkaran.
-Hal ini dilakukan terus hingga lingkaran habis atau tidak ada lagi siswa di dalam lingkaran.
Dalam metode ini diharapkan siswa mendapatkan hikmah untuk :
-Mengajarkan Sejarah dengan cara yang menyenangkan
-Berani untuk bertanya sesuai dengan pemahaman yang dia pelajari
-Antusias menyampaikan ide dan gagasan selama proses tanya jawab
-Fokus dan tangkas dalam bertanya dan menjawab selama metode berlangsung
-Dan tentunya memberikan nuansa kompetisi antar siswa dengan metode lingkaran penghabisan
-Mengajarkan Sejarah dengan cara yang menyenangkan
-Berani untuk bertanya sesuai dengan pemahaman yang dia pelajari
-Antusias menyampaikan ide dan gagasan selama proses tanya jawab
-Fokus dan tangkas dalam bertanya dan menjawab selama metode berlangsung
-Dan tentunya memberikan nuansa kompetisi antar siswa dengan metode lingkaran penghabisan
Terus Ikhlas Berbagi dengan berinovasi membuat kreasi mendidik anak negeri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....