Sabtu, 31 Oktober 2015

Tugas baru di Bab baru.....

Hello Historian......

Mengasah kebersamaan dengan seni pementasan kreatif (kelas XII dan XI)
dan Penulisan Sejarah Diri (Kelas X) Dalam PBM sejarah

Tugas Khusus kelas XII dan XI
Menyambut materi  di bab terakhir semester 1, pak aries ingin mengasah dan melihat kompetensi kalian dalam sosiodrama sekaligus melihat bakat2 akting anak SMA Negeri 22 Surabaya sekaligus mengorganisir pementasan (produksi). Maka lakukaan hal-hal sebagai berikut :
1.       Bagi kelas menjadi 3 kelompok besar
2.       Tentukaan materi yang dipilih oleh kelompok kalian (ingat materi tiap kelompok tidak boleh sama) dan harus bersumber dari bab terakhir (bab 3)
3.       Buat perencanaan untuk membuat pementasan berupa :


Kelas XII : Sosiodrama yang di filmkan (shooting film sejarah boleh di lokasi mana saja, diedit dan dinilai hasil filmnya)
Kelas XI : sosiodrama kreatif (wajib diselingin puisi, lagu dan lelucon tapi tetap berkaitan dengan materi yang di bawakan)
4.       Aspek-aspek yang akan dinilai :
ü  Nilai Kinerja : kontribusi dan peran siswa dalam persiapan dan performance yang dibuktikan dengan foto-foto kegiatan produksi
ü  Nilai produk : hasil tampilan (produksi) yang telah disajikan dan kemampuan mempertanggungjawabkan karya yang telah dibuat
5.       Lama penugasan ini adalah 2 minggu untuk produksi (proses perencanaan) dan pada minggu ke-3 November sudah menampilkan karya atau produksinya (penilaian)
6.       Durasi pementasan atau film yang di produksi adalah kurang lebih 20 menit
7.       Kreatifitas dan inovasi kalian dalam tugas ini sangat dihargai dan menjadi nilai plus jika bisa membuat pak aries bicara “WOW”, namun jika lalai atau tidak bisa melaksanakan tugas ini dengan baik bersiaplah untuk mendapat “NEXT”

Tugas Khusus Kelas X membuat historiografi (penulisan sejarah diri)
Materi bab 3 berisi tentang penelitian sejarah didalamnya ada 4 tahapan penelitian sejarah yaitu :
a.       Heuristik (mengumpulkan sumber-sumber sejarah yang berkaitan dengan tema historiografi yang akan kamu tulis)
b.      Kritik (memverifikasi sumber / memilih da memilah sumber berdasarkan kedekatan dan keaslian serta isi yang berhubungan dengan tema historiografi)
c.       Interpretasi (menafsirkan data untuk menjadi fakta dan karya tulisan)
d.      Historiografi (penulisan sejarah)
Lakukan tahapan seperti berikut :
1.       Lakukan 4 tahapan penelitian sejarah tersebut untuk menulis sejarah dirimu (bersifat individu).
2.       Kalian bisa melihat contoh2 historografi (tulisan sejarah) melalui biografi tokoh. Jangan lupa melampirkan data-data atau sumber yang menunjang historiografi kalian (boleh sumber atau data yang di foto copy)
3.       Semua data / sumber beserta historiografi di jilid rapi dan dikumpulkan.
4.       Aspek yang dinilai adalah kebenaran langkah-langkah dalam pembuatan historiografi dan tanya jawab langsung dengan pak aries.
5.       Laksanakan tugas ini selama 2 minggu dan pada minggu ke-3 November langsung di nilai secara individu.

Tugas ini merupakan tugas terakhir di semester 1 maka cetaklah nilai yang tinggi.
Belajarlah dari tugas-tugas sebelumnya dan buat kreasi di dalamnya jangan malah melepas tanggung jawab.
Semua akan terasa indah dan sempurna jika kita mengawalinya dengan keikhlasan, melakukan dengan semangat dan perencanaan yang matang.
Kemudian menjalankan semua schedule dengan baik.
Terakhir laporkan atau tampilkan karya kalian. Insyaallah semua akan indah pada akhirnya.

Surabaya, 2 November 2015
Guru Bidang study Sejarah


Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
NIP. 19820409 200604 1 013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....