Hello Historian......
Mengasah kebersamaan dengan seni pementasan kreatif (kelas
XII dan XI)
dan Penulisan Sejarah Diri (Kelas X) Dalam PBM sejarah
Tugas
Khusus kelas XII dan XI
Menyambut materi di bab terakhir semester 1, pak aries ingin
mengasah dan melihat kompetensi kalian dalam sosiodrama sekaligus melihat
bakat2 akting anak SMA Negeri 22 Surabaya sekaligus mengorganisir pementasan
(produksi). Maka lakukaan hal-hal sebagai berikut :
1. Bagi kelas
menjadi 3 kelompok besar
2. Tentukaan
materi yang dipilih oleh kelompok kalian (ingat materi tiap kelompok
tidak boleh sama) dan harus bersumber dari bab terakhir (bab 3)
3. Buat
perencanaan untuk membuat pementasan berupa :
Kelas XII : Sosiodrama yang di
filmkan (shooting film sejarah boleh di lokasi mana saja, diedit dan
dinilai hasil filmnya)
Kelas XI : sosiodrama kreatif
(wajib diselingin puisi, lagu dan lelucon tapi tetap berkaitan dengan materi
yang di bawakan)
4. Aspek-aspek
yang akan dinilai :
ü
Nilai
Kinerja : kontribusi dan peran siswa dalam persiapan dan performance yang
dibuktikan dengan foto-foto kegiatan produksi
ü
Nilai
produk : hasil tampilan (produksi) yang telah disajikan dan kemampuan
mempertanggungjawabkan karya yang telah dibuat
5. Lama penugasan ini adalah 2 minggu untuk produksi (proses perencanaan)
dan pada minggu ke-3 November
sudah menampilkan karya atau produksinya (penilaian)
6. Durasi pementasan atau film yang di
produksi adalah kurang lebih 20 menit
7. Kreatifitas
dan inovasi kalian dalam tugas ini sangat dihargai dan menjadi
nilai plus jika bisa membuat pak aries bicara “WOW”, namun jika lalai atau
tidak bisa melaksanakan tugas ini dengan baik bersiaplah untuk mendapat “NEXT”
Tugas Khusus
Kelas X membuat historiografi (penulisan
sejarah diri)
Materi bab 3 berisi tentang penelitian sejarah
didalamnya ada 4 tahapan penelitian
sejarah yaitu :
a. Heuristik (mengumpulkan sumber-sumber
sejarah yang berkaitan dengan tema historiografi yang akan kamu tulis)
b. Kritik (memverifikasi sumber / memilih
da memilah sumber berdasarkan kedekatan dan keaslian serta isi yang berhubungan
dengan tema historiografi)
c. Interpretasi (menafsirkan data untuk
menjadi fakta dan karya tulisan)
d. Historiografi (penulisan sejarah)
Lakukan tahapan seperti berikut :
1. Lakukan 4 tahapan penelitian sejarah
tersebut untuk menulis sejarah dirimu (bersifat individu).
2. Kalian
bisa melihat contoh2 historografi (tulisan sejarah) melalui biografi tokoh. Jangan lupa melampirkan
data-data atau sumber yang menunjang historiografi kalian (boleh sumber atau data
yang di foto copy)
3. Semua
data / sumber beserta historiografi di
jilid rapi dan dikumpulkan.
4. Aspek yang dinilai adalah kebenaran
langkah-langkah dalam pembuatan historiografi dan tanya jawab langsung
dengan pak aries.
5. Laksanakan
tugas ini selama 2 minggu dan pada minggu ke-3 November langsung di nilai
secara individu.
Tugas ini merupakan tugas terakhir di semester 1
maka cetaklah nilai yang tinggi.
Belajarlah dari tugas-tugas sebelumnya dan buat
kreasi di dalamnya jangan malah melepas tanggung jawab.
Semua akan terasa indah dan sempurna jika kita
mengawalinya dengan keikhlasan, melakukan dengan semangat dan perencanaan yang
matang.
Kemudian menjalankan semua schedule dengan baik.
Terakhir laporkan atau tampilkan karya kalian.
Insyaallah semua akan indah pada akhirnya.
Surabaya,
2 November 2015
Guru
Bidang study Sejarah
Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
NIP.
19820409 200604 1 013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....