Hello Historian......
1. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah: a. pengukuran
38. Yang merupa kan tes kreativi tas adalah...
a. tes verbal
b. tes lisan
c. tes analisis
d. tes mengelompok kan
e. Evaluasi
Menyambut UKG 2015 dapat latihan soal UKG materi pedagogik dari berabagai sumber, maaf ya kalo soalnya berantakan karena ini rangkuman dari berbagai sumber. Silahkan belajar semoga UKG 2015 nya lancar
1. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah: a. pengukuran
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi
2. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan
manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:
a. pengukuran
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi
3. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam
melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi;
b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan;
d. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang
jelek.
e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;
4. Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan
prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
a. sahih (valid)
b. objektip,
c. adil,
d. kooperatip;
e. terpadu.
5. Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat
berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur,
menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah
kemampuan:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotor
d. psikologis
e. kepribadian
6. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
a. dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki
peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapan
langsung;
b. bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat
sering mengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal,
c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan
peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes.
d. lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian.
e. hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik;
7. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik
penilaian:
a. lisan
b. prkatik/kinerja
c. penugasan
d. portofolio
e. penilaian diri
8. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan
assesmen, kecuali:
a. menentukan tujuan penilaian
b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar
(KD).
c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau
keduanya
d. menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
e. menentukan kriteria ketuntasan minimal
9. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan
dalam penentuan materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai
oleh peserta didik,
b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman
dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari
atau memahami, mata pelajaran lain,
d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan
tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus
dimiliki peserta didik
10. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam
penyusunan butir soal, kecuali:
a. menentukan tujuan tes;
b. menentukan kompetensi yang akan diujikan;
c. menentukan materi yang diujikan;
d. menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e. menyusun kisi-kisi;
11. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan
berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan
evaluasi
c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan,
síntesis.
e. ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi
12. Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domain psicomotor
dengan urutan berikut.
a. persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks,
organisasi, dan karakterisasi dari nilai.
b. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang
kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai
c. persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang
kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai
d. persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon terpimpin,
mekanisme; organisasi, dan karakterisasi dari nilai
e. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon yang
kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai
13. Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang
dikembangkan Linn dan Gronlund, kecuali:
a. membandingkan
b. menjelaskan
c. hubungan sebab-akibat
d. memberi alasan..
e. meringkas
14. Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz,
kecuali:
a. ingatan
b. analisis
c. perbandingan
d. penyimpulan
e. mencipta
15. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal
dilihat dari materi, kecuali:
a. soal harus sesuai dengan indikator.
b. setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang
diharapkan.
c. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran.
d. ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
e. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis
sekolah atau tingkat kelas.
16. Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan
dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria
yang ditetapkan adalah:
a. penilaian projeck
b. penilaian kinerja
c. penilaian produk
d. penilaian portofolio
e. penilaian non tes
17. Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu
berdasarkan teori adalah:
a. validitas isi
b. validitas prediktif
c. validitas konstruk
18. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai
berupa:
a. stándar kompetensi
b. kompetensi dasar
c. standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasar
e. kompetensi komperhensip
19. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan
kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
20. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi
teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian
yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
21. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap
dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip
penilaian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
22. Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik
penilaian:
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio
23. Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat
pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena
dilakukan secara langsung adalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes perbuatan
d. wawancara
e. portofolio
24. Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata
pelajaran lain adalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria:
25. Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta
didik adalah pertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan
kriteria:
a. urgensi
b. kontinuitas
c. relevansi
d. keterpakaian
e. kompleksitas
26. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang
bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah
penulisan soal pilihan ganda berdasarkan kaidah:
a. materi
b. konstruksi
c. bahasa
d. etika
e. kejelasan
27. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap
persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi:
prosedur kerja, dan (3) tahap akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya,
langkah-langkah tersebut adalah penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerja
b. produk
c. penugasan
d. lisan
e. wawancara
28. kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui
latihan dan pengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur
melalui: toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan
kejujuran adalah definisi operasional dari:
a. minat belajar
b. sikap belajar
c. motivasi berprestasi
d. stress belajar
e. aktivitas belajar
29. Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam
mengukur sikap termasuk dalam dimensii:
a. kognisi
30. KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi
peserta didik sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan
tersebut merupakan:
a. fungsi KKM
b. prinsip KKM
c. tujuan KKM
d. manfaat KKM
e. peran KKM
31.Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan
pendidik sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar
peserta didik. Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes
adalah...
a. tes perbuatan
b. teknik wawancara
c. observasi
d. tes simulasi
e. lembar penilaian fortofolio
32. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini,
kecuali...
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan
secara tepat dan proposional
33. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat
dibuatkan soal atau pengecohnya merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisi
b. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerja
d. penyusunan butir soal tes tertulis
e. perumusan indikator soal
34. Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yang sulit adalah
menyusun pedoman penskorannya. Berdasarkan metode penskorannya. bentuk uraian
diklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian non-objektif
b. komunikatif dan inovatif
c. evaluasi dan analisis
d. kesimpulan dan pendapat
e. justifying dan inferring
35. Sebuah penilaian yang meminta peserta didik untuk
mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai
dengan kriteria yang ditetapkan adalah:
36. Minat adalah ................
32. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini,
kecuali...
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan proposional
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan proposional
33.Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat
dibuatkan soal atau pengecohnya merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisi
b. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerja
a. penyusunan kisi-kisi
b. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerja
d. penyusunan butir soal tes tertulis
e. perumusan indikator soal
e. perumusan indikator soal
34. Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yang sulit adalah
menyusun pedoman penskorannya. Berdasarkan metode penskorannya. bentuk uraian
diklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian non-objektif
b. komunikatif dan inovatif
c. evaluasi dan analisis
d. kesimpulan dan pendapat
e. justifying dan inferring
b. komunikatif dan inovatif
c. evaluasi dan analisis
d. kesimpulan dan pendapat
e. justifying dan inferring
35. Sebuah penilaian yang meminta peserta didik untuk
mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai
dengan kriteria yang ditetapkan adalah:
36. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu
sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap
objek tersebut. Pendapat ini dikemukakan oleh...
a. Cror and Crow
b. Grondlund
c. Crites
d. Thrustone
e. Donal Cambell
a. Cror and Crow
b. Grondlund
c. Crites
d. Thrustone
e. Donal Cambell
37. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik
penilaian berikut ini adalah...
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio
38. Yang merupa kan tes kreativi tas adalah...
a. tes verbal
b. tes lisan
c. tes analisis
d. tes mengelompok kan
e. Evaluasi
39. Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap
akhir/hasil, merupakan beberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...
a. project
b. product
c. performance Assessment
d. verbal
e. Kinerja
b. product
c. performance Assessment
d. verbal
e. Kinerja
40. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
a. sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti
penilaian mata pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
c. merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat
d. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
c. merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat
d. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang
Kunci jawaban
1. A
2. E
3. D
4. B
5. C
6. A
7. E
8. D
9. B
10. C
11 A
12. E
13. D
14. B
15. C
16. A
17. E
18. D
19. B
20. C
21. A
22. E
23. D
24. B
25. C
26. A
27. E
28. D
29. B
30. C
31. A
32. E
33. D
34. B
35. C
36. A
37. E
38. D
39. B
40. C
2. E
3. D
4. B
5. C
6. A
7. E
8. D
9. B
10. C
11 A
12. E
13. D
14. B
15. C
16. A
17. E
18. D
19. B
20. C
21. A
22. E
23. D
24. B
25. C
26. A
27. E
28. D
29. B
30. C
31. A
32. E
33. D
34. B
35. C
36. A
37. E
38. D
39. B
40. C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....