Senin, 10 Juli 2023

Diklat 74 Samisanov : Menyusun Modul Ajar Inovatif Kurikulum Merdeka


Kurikulum Merdeka secara bertahap telah dilaksanakan di beberapa sekolah. Guru harus sudah siap menghadapi kurukulum baru ini. Pendekatan inovasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka bisa di terapkan menggunakan Canva. Banyak sekali hal yang bisa dibuat menggunakan Canva dalam mempermudah proses belajar mengajar guru salah satunya adalah membuat Modul ajar dan tentunya media belajar yang inovatif.

 

Hal inilah yang akan di kupas dalam diklat Samisanov, membantu guru untuk membuat berbagai media dan presentasi inovasi edukasi memanfaatkan canva. Guru akan diberikan tips dan trik serta tutorial mudah untuk membuat bahan-bahan dalam implementasi Kurikulum Merdeka sesuai mapel masing-masing menggunakan aplikasi canva. Apakah anda tertarik dan ingin belajar juga ? Maka ikutan saja diklatnya dijamin anda akan terinspirasi untuk membuat berbagai inovasi edukasi menggunakan canva.

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 74 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.       Mengenal canva sebagai tools yang membantu guru dalam membuat media edukasi

1

2

2.       Kelebihan dan kekurangan dari canva

1

2

3.       Membuat akun canva serta tips membuat akun pro canva

1

2

4.       Memanfaatkan canva untuk membuat poster edukasi

1

2

5.       Memanfaatkan canva untuk membuat infografis sesuai mapel masing-masing

1

3

6.       Memanfaatkan canva untuk membuat video sederhana

1

3

7.       Memanfaatkan canva untuk membuat presentasi edukasi yang menarik

1

4

8.       Mendownload media / presentasi yang telah dibuat dengan canva

1

4

9.       Membuat RPP (Modul Ajar) menggunakan aplikasi Canva

1

4

10.   Mengupload file Modul Ajar sebagai tugas diklat

1

4

Jumlah

10 JP

30 JP

Total Jam

40 JP

 

Profil Diklat 74 Samisanov

Narasumber                   : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                             : Trainer Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat       : Menyusun Modul Ajar Inovatif Kurikulum Merdeka

Pelaksanaan                   : 16-23 Juli 2023

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 74 Samisanov “Menyusun Modul Ajar Inovatif Kurikulum Merdeka” :

Senin, 26 Juni 2023

DIKLAT 73 SAMISANOV : Membuat Rancangan PTK & Best Practice


PTK merupakan pendekatan yang berpusat pada guru dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjadi peneliti dalam konteks kelasnya sendiri. Dengan melibatkan guru sebagai peneliti, PTK dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang proses pembelajaran dan membantu mereka mengembangkan praktik pembelajaran yang lebih efektif. Best practice adalah praktik atau metode yang diakui dan diterima secara luas sebagai pendekatan terbaik atau paling efektif dalam suatu bidang atau konteks tertentu. Best practice muncul berdasarkan pengalaman, penelitian, dan analisis data yang menunjukkan hasil yang positif atau optimal dalam mencapai tujuan tertentu.

 

Dalam konteks PTK, best practice berperan sebagai acuan atau pedoman untuk memandu guru dalam merencanakan dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang efektif. Guru menggunakan pengetahuan best practice yang diperoleh dari literatur, penelitian, pengalaman, atau pemantauan praktik terbaik di bidang pendidikan untuk merancang intervensi yang sesuai. Dengan menerapkan best practice, guru berupaya mencapai hasil yang optimal dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas.

 

Memasuki masa liburan siswa, maka guru sudah waktunya untuk melakukan refleksi dalam pembelajaran selama ini. Refleksi dalam upaya untuk memperbaiki PBM nya dan bisa dilakukan dengan melaksanakan PTK. Bagaimanakah merancang PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Best Practice yang baik dan benar ? Apakah mudah membuat PTK mulai proposal sampai seminar ? Pertanyaan itu akan dibahas tuntas dalam pelatihan Samisanov 73 kali ini. Anda akan diajak untuk belajar merancang Penelitian Tindakan Kelas dalam upaya merefleksi  pembelajaran anda agar semakin baik kedepannya.  Ayo Ikutan dalam Diklat 73 Samisanov. Judul Diklat Online 73 Samisanov : “Membuat Rancangan PTK dan Best Practice

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 73 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.      Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan tujuannya

1

2

2.      Perbedaan dan hubungan antara PTK dan Best Practice

1

2

3.      Manfaat dan Karakteristik Best Practice

1

2

4.      Manfaat dan Karakteristik PTK

1

2

5.      Langkah-langkah dalam membuat PTK

1

3

6.      Menyusun Bab 1 Pendahuluan PTK mulai Menyusun latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat PTK

1

3

7.      Menyusun Bab 2 Kajian Pustaka yang mendukung PTK

1

3

8.      Menyusun Bab 3 Metode Penelitian dan gambaran PTK

1

4

9.      Tips dan Trik Menyusun PTK dan menseminarkannya

1

4

10.  Penugasan membuat Proposal PTK atau Best Practice

1

5

Jumlah

10 JP

30 JP

Total Jam

40 JP

 

Profil Diklat 73 Samisanov

Narasumber                   : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                             : Trainer Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat       : Membuat Rancangan PTK dan Best Practice

Pelaksanaan                   : 2-9 Juli 2023

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 73 Samisanov Membuat Rancangan PTK dan Best Practice” :

Senin, 05 Juni 2023

DIKLAT 72 SAMISANOV : MEMBUAT KOMIK PELAJARAN DENGAN BANTUAN CANVA DAN ARTIFICIAL INTELEGENCE



Komik pelajaran adalah bentuk komik yang digunakan sebagai alat untuk menyampaikan pengetahuan dan informasi tentang suatu topik tertentu. Tujuannya adalah untuk membuat materi pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami, terutama bagi siswa atau pembaca yang lebih memilih belajar melalui visual. Komik pelajaran biasanya menggabungkan elemen-elemen narasi, dialog, dan ilustrasi untuk menggambarkan konsep atau peristiwa dengan cara yang menarik. Komik pelajaran dapat mencakup berbagai subjek, termasuk sejarah, sains, matematika, bahasa, dan banyak lagi. Dengan menggunakan gambar dan teks, komik pelajaran dapat menyampaikan informasi dengan cara yang lebih visual dan menghibur.

 

Bagaimana cara membuat komik pelajaran ? Apakah ribet ?  Apakah butuh skill menggambar ? Anda tidak perlu khawatir karena IGI melalui Kanal pelatihan Samisanov akan melaksanakan diklat untuk membantu anda dalam membuat komik pelajaran. Judul Diklat Online Samisanov ke-72 adalah Membuat Komik Pelajaran Dengan Bantuan Canva dan Artificial Intelegence.

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 72 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.       Penjelasan tentang konsep komik dan kegunaannya sebagai alat komunikasi visual.

1

2

2.       Pengantar singkat tentang teknologi Chat GPT dan platform desain Canva.

1

2

3.       Membahas elemen-elemen penting dalam cerita, seperti karakter, alur, konflik, dan pesan yang ingin disampaikan.

1

2

4.       Tips dan trik dalam merencanakan komik yang menarik dan efektif.

1

2

5.       Menunjukkan cara mengajukan pertanyaan dan mendapatkan tanggapan dari Chat GPT untuk membantu merancang dialog dalam komik.

1

3

6.       Penjelasan tentang alat desain Canva dan fungsionalitasnya dalam membuat komik.

1

3

7.       Tips dan trik untuk mengatur tata letak, font, warna, dan elemen desain lainnya.

1

3

8.       Praktik Membuat Komik menggunakan Chat GPT dan Canva

1

4

9.       Save dan Publish Komik pelajaran yang telah selesai dibuat menggunakan Canva dan bantuan Chat GBT

1

4

10.   Penugasan membuat 1 Komik pelajaran sesuai dengan mapel atau kelas yang dibimbing masing-masing

1

5

Jumlah

10 JP

30 JP

Total Jam

40 JP

 

 

Profil Diklat 72 Samisanov

Narasumber                   : Aries Eka Prasetya, S. Pd, M.Si

Instansi                             : Founder Samisanov & Pelatih Nasional Ikatan Guru Indonesia (IGI)

Judul materi diklat       : Membuat Komik Pelajaran Dengan Bantuan Canva dan Artificial Intelegence

Pelaksanaan                   : 18-25 Juni 2023

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 72 Samisanov Membuat Komik Pelajaran Dengan Bantuan Canva dan Artificial Intelegence:

Senin, 29 Mei 2023

DIKLAT 71 SAMISANOV : MEMBUAT GAME EDUKASI KEREN MENGGUNAKAN GAMILAB



Salah satu fokus utama Gamilab dalam pengembangan permainan pendidikan adalah memastikan bahwa mereka tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan nilai tambah dalam proses pembelajaran. Permainan yang dikembangkan oleh Gamilab dirancang untuk mengajarkan keterampilan kognitif, pemecahan masalah, kerja tim, dan konsep-konsep akademik secara menyenangkan dan menarik. Permainan pendidikan yang dikembangkan oleh Gamilab mencakup berbagai bidang pembelajaran, mulai dari matematika dan sains hingga bahasa dan sejarah. Mereka menyediakan konten yang dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan kebutuhan individual pemain, sehingga setiap pengalaman pembelajaran menjadi personal dan terkustomisasi.

 

Bagaimana cara membuat game edukasi yang keren menggunakan gamilab  ? Diklat ini akan membantu anda untuk bisa membuat game yang bisa anda praktekan pada siswa anda. Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui kanal pelatihan SAMISANOV (satu minggu satu inovasi) ingin memberikan pelatihan kepada guru-guru Indonesia untuk bisa Membuat Game Edukasi Keren Menggunakan Gamilab

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 71 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.       Mengenal Gamilab dan fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan dalam membuat game edukasi

1

2

2.       Membuat akun gamilab dan memulai membuat proyek game edukasi

1

2

3.       Memulai membuat game dengan tempalate dan merubah beberapa komponen sesuai mapel yang diampuh

1

2

4.       Menambah obyek game agar tampil lebih menarik

1

2

5.       Menyusun soal untuk dijawab dalam permainan yang dibuat menggunakan Gamilab

1

3

6.       Mengatur scene, timeline, asset dan code dalam Gamilab

1

3

7.       Mendisain level dan scene permainan yang sudah kita buat dengan Gamilab

1

3

8.       Menambahkan interaksi untuk perintah dalam game menggunakan Gamilab

1

4

9.       Save dan Publish permainan edukasi yang telah selesai dibuat menggunakan Gamilab

1

4

10.   Penugasan membuat 1 game edukasi yang telah di implementasikan kepada siswa menggunakan Gamilab

1

5

Jumlah

10 JP

30 JP

Total Jam

40 JP

  

Profil Diklat 71 Samisanov

Narasumber                   : Aries Eka Prasetya, S. Pd, M.Si

Instansi                             : Founder Samisanov & Pelatih Nasional Ikatan Guru Indonesia (IGI)

Judul materi diklat       : Membuat Game Edukasi Keren Menggunakan Gamilab

Pelaksanaan                   : 4-11 Juni 2023

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 71 Samisanov Membuat Game Edukasi Keren Menggunakan Gamilab: