Rabu, 09 Juni 2021

Diklat 29 Samisanov : Membuat Media Full Interaktif Menggunakan Zappar


Proses pembelajaran yang baik haruslah memuat aspek interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi dan memberikan ruang yang lebih bagi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian, sesuai dengan bakat dan minat siswa. Salah satu perkembangan media pembelajaran yang saat ini masih baru adalah media pembelajaran dengan menggunakan Augmented Reality. Augmented Reality merupakan aplikasi penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan.

 

Dalam pelatihan ini anda akan diajarkan mengenai pembuatan media full inetraktif menggunakan Augmented Reality dimana didalamnya tidak sekedar memberikan gambaran namun juga video sampai evaluasi pembelajaran. Hal itu semua bisa dilakukan dengan mudah melalui sebuah fitur yang disediakan oleh aplikasi Zappar. Anda akan ditantang dalam membuat sebuah media yang bisa digunakan secara bersamaan atau berurutan sesuai dengan scenario yang disusun guru.

 

Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui kanal pelatihan SAMISANOV (satu minggu satu inovasi) ingin memberikan pelatihan kepada guru-guru Indonesia untuk membuat media full interaktif agar pembelajaran anda semakin inovatif dan interaktif. Sehingga Diklat 29 Samisanov kali ini mengambil judul : Membuat Media Full Interaktif Menggunakan Zappar

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 29 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

1.       Mengenal tentang teknologi Augmented Reality

2 JP

2.       Mengenal aplikasi zappar sebagai penyedia pembuat media augmented reality

2 JP

3.       Membuat akun pada aplikasi zappar

2 JP

4.       Masuk dan mengenal menu pada aplikasi zappar

3 JP

5.       Mengenal 2 cara membuat Augmented Reality dengan Zappar

4 JP

6.       Mendisain media Augmented Reality sederhana dengan Zappar  

4 JP

7.       Membuat media Full Interaktif (Widget) dengan Zappar

4 JP

8.       Menginstall aplikasi zappar di HP masing-masing

3 JP

9.       Mempraktekan scan kode Augmented Reality dengan aplikasi zappar

4 JP

10.   Memasukan gambar, video dan link dalam Augmented Reality

4 JP

11.   Membuat Loporan berupa rekam layar dokumentasi hasil pembuatan media full interaktif menggunakan zappar

4 JP

12.   Mengupload video laporan ke channel youtube masing-masing

4 JP

Jumlah

40  JP

 

Profil Diklat 29 Samisanov

Narasumber                     : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                               : Founder Samisanov & Pelatih Nasional IGI

Judul materi diklat          :  Membuat Media Full Interaktif Menggunakan Zappar

Pelaksanaan                     : 20-27 Juni 2021

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 29 Samisanov Membuat Media Full Interaktif Menggunakan Zappar”

Jumat, 28 Mei 2021

Diklat 28 Samisanov : Mendisain Pembelajaran Kolaboratif Menggunakan Fitur Google



Pembelajaran kolaboratif merupakan sebuah proses di mana peserta didik pada berbagai tingkat kemampuan (kinerja) bekerja sama dalam kelompok kecil menuju tujuan bersama. Ini adalah pembelajaran dengan pendekatan yang berpusat pada peserta didik yang berasal dari teori pembelajaran sosial serta perspektif sosio-konstruktivis tentang pembelajaran.

 

Dalam pelatihan ini anda akan diajarkan mengenai pembelajaran kolaboratif menggunakan fitur-fitur Google yang sangat mudah untuk dilaksanakan bagi guru dan siswa atau antar siswa. Pembelajaran kolaboratif yang akan diajarkan nanti menggunaan fitur Google Dokumen dan Google Slide yang didalamnya banyak sekali kelebihan untuk melaksanakan pembelajaran secara kolaboratif. Hal ini akan sangat memudahkan guru dalam mendisain pembalajaran. Dan juga memudahkan siswa untuk mengerjakan tugas secara berkelompok meskipun tidak dalam lokasi yang sama.

 

Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui kanal pelatihan SAMISANOV (satu minggu satu inovasi) ingin memberikan pelatihan kepada guru-guru Indonesia untuk membuat pembelajaran kolaboratif menggunakan fitur google  sebagai alternatif dalam Edukasi agar pembelajarannya semakin menarik. Sehingga Diklat 28 Samisanov kali ini mengambil judul : Mendisain Pembelajaran Kolaboratif Menggunakan Fitur Google

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 28 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

1.       Mengenal tentang pembelajaran kolaboratif

2 JP

2.       Mengenal Google dan fitur-fiturnya yang bisa digunakan untuk pembelajaran kolaboratif

2 JP

3.       Membuat akun google

2 JP

4.       Masuk dan mengenal menu pada Google Dokumen

2 JP

5.       Memasukan media gambar, shapes, tulisan dan tabel pada Google Dokumen

4 JP

6.       Membuat satu bahan ajar kolaboratif menggunakan Google Dokumen  

3 JP

7.       Sharing dengan beberapa peserta untuk membuat dan mengisi bahan ajar / tugas secara kolaboratif menggunakan Google Dokumen

4 JP

8.       Masuk dan mengenal menu pada Google Slide

2 JP

9.       Memasukan media gambar, shapes, tulisan dan tabel pada Google Slide

4 JP

10.   Membuat satu bahan ajar kolaboratif menggunakan Google Slide

3 JP

11.   Sharing dengan beberapa peserta untuk membuat dan mengisi bahan ajar / tugas secara kolaboratif menggunakan Google Slide

4 JP

12.   Memberikan komentar (diskusi online) dalam Google Slide dan Google Dokument

2 JP

13.   Mendownload hasil pekerjaan manggunakan Google Slide dan Google Dokument

2 JP

14.   Membuat Loporan berupa rekam layar dokumentasi pelaksanaan Pembelelajaran kolaboratif yang telah dilaksanakan

2 JP

15.   Mengupload video laporan ke channel youtube masing-masing

2 JP

Jumlah

40  JP

 

Profil Diklat 28 Samisanov

Narasumber                     : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                               : Founder Samisanov & Pelatih Nasional IGI

Judul materi diklat          :  Mendisain Pembelajaran Kolaboratif Menggunakan Fitur Google

Pelaksanaan                     : 6-13 Juni 2021

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 28 Samisanov Mendisain Pembelajaran Kolaboratif Menggunakan Fitur Google

 

Sabtu, 08 Mei 2021

Diklat 27 Samisanov : Membuat Aplikasi Edukasi Android Menggunakan Smart Apps Creator (SAC)



Smart Apps Creator 3 merupakan aplikasi untuk membuat aplikasi mobile android dan iOS tanpa kode pemrograman, serta dapat menghasilkan format HTML5 dan .exe. Smart Apps Creator 3 dapat dipergunakan untuk membuat aplikasi mobile multimedia pembelajaran. Banyak sekali kelebihan dari SAC 3, selain mudah dalam menggunakanya, terdapat beberapa kelebihan lainnya.

 

Kelebihan SAC 3 yaitu Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Tanpa Coding, jadi hanya perlu memasukan Materi dan Gambar kemudian membuat Tombol Navigasinya. Hasil Media pembelajarannya Interaktif, Sehingga anak-anak (pengguna) tidak akan mudah bosan. Bisa di kreasikan dengan leluasa sesuai kebutuhan, Hal ini memungkinkan pembuat untuk menuangkan semua imajinasi dan ide nya kedalam rancangan media pembelajaran interaktif. Ukuran File aplikasi yang ringan dan tidak memakan banyak RAM. Fitur yang tersedia Cukup untuk membuat suatu media pembelajaran. Fitur yang ada mudah untuk digunakan, karna ada icon dan penjelasan yang jelas. Mudah dalam membuat Animasi. Tampilan Aplikasinya simple dan nyaman. Bisa di simpan dengan hasil untuk Perangkat Android, ios, Exe (emulator style & Desktop Style), HTML5 

 

Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui kanal pelatihan SAMISANOV (satu minggu satu inovasi) ingin memberikan pelatihan kepada guru-guru Indonesia untuk memanfaatkan Smart Apps Creator 3  sebagai alternatif dalam membuat aplikasi Media Edukasi agar pembelajarannya semakin menarik. Sehingga Diklat 27 Samisanov kali ini mengambil judul : Membuat Aplikasi Edukasi Android Menggunakan Smart Apps Creator (SAC).

 

 

 

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 27 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

1.       Mengenal Smart Apps Creator (SAC) sebagai software pembuat aplikasi edukasi

2 JP

2.       Mengenal menu dan tombol yang ada di Smart Apps Creator (SAC)

2 JP

3.       Menyiapkan bahan yang akan di masukan menjadi media edukasi melalui Smart Apps Creator (SAC)

2 JP

4.       Install software Smart Apps Creator (SAC)

2 JP

5.       Membuat opening dan menu pembuka di Smart Apps Creator (SAC)

2 JP

6.       Membuat Menu Utama dan alur pembuatan media edukasi menggunakan Smart Apps Creator (SAC)  

3 JP

7.       Memasukan materi berupa tulisan dan inovasi sentuh di Smart Apps Creator (SAC)

4 JP

8.       Memasukan Video dari laptop dan Youtube di Smart Apps Creator (SAC)

4 JP

9.       Membuat berbagai tipe kuis menggunakan kelebihan Smart Apps Creator (SAC)

4 JP

10.   Mempublish proyek di Smart Apps Creator (SAC) menjadi APK dan EXE

3 JP

11.   Penugasan membuat 1 media edukasi menggunakan Smart Apps Creator (SAC) sesuai mapel masing-masing

6 JP

12.   Pelaporan berupa Video Dokumentasi memperkenalkan hasil tugas membuat APK dan EXE media edukasi menggunakan Smart Apps Creator (SAC)

6 JP

Jumlah

40  JP

 

Profil Diklat 27 Samisanov

Narasumber                     : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                               : Founder Samisanov & Pelatih Nasional IGI

Judul materi diklat          : Membuat Aplikasi Edukasi Android Menggunakan Smart Apps Creator (SAC)

Pelaksanaan                     : 23-30 Mei 2021

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 27 Samisanov Membuat Aplikasi Edukasi Android Menggunakan Smart Apps Creator (SAC)”:

Selasa, 20 April 2021

Diklat 26 Samisanov : MEMANFAATKAN TWIBBON UNTUK PUBLIKASI DAN MEDIA EDUKASI


Twibbon adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan postingan dengan bingkai menarik. Twibbon sendiri merupakan sebuah media promosi, dukungan, pamflet atau banner berupa foto yang dikombinasikan dengan bentuk frame atau border yang di edit dan di desain sedemikian rupa hingga terlihat bagus dan menarik.

Twibbon memiliki peran penting dalam pertunjukan atau pergelaran sebuah acara seperti event, challenge, perlombaan, kampanye, dan masih banyak lagi. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan twibbon kalian bisa melakukan promosi yang bisa di sebar luaskan melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan yang lainnya. Dengan begitu, banyak orang yang akan melihat twibbon kalian, sehingga promosi yang kalian lakukan bisa dilihat oleh orang banyak.

Selain sebagai media promosi publikasi, rupanya Twibbon juga bisa digunakan untuk media edukasi. Guru di era modern ini harus bisa mendekati siswanya melalui media-media dan social media yang disenangi siswa. Maka dari itu melalui pelatihan kali ini para guru akan dilatih untuk memanfaatkan Twibbon sebagai sarana publikasi dan Media Edukasi agar pembelajarannya semakin menarik.

 

Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui kanal pelatihan SAMISANOV (satu minggu satu inovasi) ingin memberikan pelatihan kepada guru-guru Indonesia untuk memanfaatkan Twibbon sebagai sarana publikasi dan Media Edukasi agar pembelajarannya semakin menarik. Sehingga Diklat 26 Samisanov kali ini mengambil judul : MEMANFAATKAN TWIBBON UNTUK PUBLIKASI DAN MEDIA EDUKASI

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 26 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

1.       Mengenal twibbon sebagai media yang bisa digunakan untuk promosi

2 Jam

2.       Mengenal Picsart untuk membuat bahan Twibbon

2 Jam

3.       Mengedit gambar menggunakan Picsart

3 Jam

4.       Menambahkan sticker dalam bahan Twibbon di Picsart

3 Jam

5.       Menambahkan logo dan kata dalam bahan Twibbon di Picsart

3 Jam

6.       Menyimpan hasil gambar Twibbon

3 Jam

7.       Membuat Twibbon sebagai bahan media pembelajaran

4 Jam

8.       Membuat akun Twibbonize dan mengenal aplikasinya

4 Jam

9.       Mempraktekan membuat twibbon dari gambar yang telah dibuat melalui Twibbonize

4 Jam

10.   Share link Twibbon ke sosial media dan membuat media pembelajaran dengan twibbon

6 Jam

11.   Penugasan membuat video laporan tugas dokumentasi membuat Twibbon

6 Jam

Jumlah

40  jam

 

Profil Diklat 26 Samisanov

Narasumber                     : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                               : Founder Samisanov & Pelatih Nasional IGI

Judul materi diklat          : MEMANFAATKAN TWIBBON UNTUK PUBLIKASI DAN MEDIA EDUKASI

Pelaksanaan                     : 2-9 Mei 2021

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 26 Samisanov MEMANFAATKAN TWIBBON UNTUK PUBLIKASI DAN MEDIA EDUKASI”: