Sabtu, 01 April 2017

Proyek UMEK Tahapan 1 (Sosialisasi proyek + pembagian kelompok)

Hello Historian......

Tahapan 1 (Sosialisasi proyek + pembagian kelompok)
MEMBUAT VIDEO PRESENTASI BERBASIS POWTOON
Tahapan implementasi di lapangan :
1. Sosialisasi proyek dan tujuanya kepada kelas
2. Kelas dibagi menjadi 4 kelompok besar dimana pembagiannya berdasarkan kriteria (yg punya laptop, yg punya akses internet, yg bisa edit video, yg kreatif, yg berani tampil beda, dll)
3. Kelompok yang terbentuk di bagi materi sebagai berikut : (lihat LKS Bab 3 “Proklamasi Kemerdekaan sebagai Penegakan hak bangsa Indonesia”)
Kelompok 1 – Peristiwa sebelum Proklamasi Kemerdekaan (halaman 53-55)

Proyek UMEK Sejarah (Upaya Mentalitas Efisiensi Kompetensi)

Hello Historian......

Salam SAMISANOV
Satu minggu satu inovasi
Proyek UMEK Sejarah
(Upaya Mentalitas Efisiensi Kompetensi) 
*untuk kelas xi ips sejarah peminatan (materi bab 3 Peristiwa Proklamasi)
Untuk mengisi sisa waktu kita dalam PBM sejarah serta lebih mendekatkan siswa pada IT dan bikin sejarah lebih eksis lagi maka pak Aries Prasetya ingin melaksanakan sebuah proyek. Proyek tersebut di beri nama UMEK (Upaya Mentalitas Efisiensi Kompetensi) dimana nanti siswa akan melaksanakan beberapa tahapan kegiatan proyek yg menghasilkan karya / produk tentunya dengan berbasis IT. Kelas xi ips masih belum banyak bermain IT dengan pak aries, maka sekarang waktunya kita buat berkarya.
Gimana sich gambaran umumnya pak? 

SISTEM POINT DALAM PBM SEJARAH

Hello Historian......

Salam SAMISANOV
Satu minggu satu inovasi
SISTEM POINT DALAM PBM SEJARAH
(menilai kompentensi dari berbagai aspek)
Menindaklanjuti banyak yg tanya mengapa kok ada nilai dan point dalam pelajaran sejarah yg pak aries bimbing, maka disini saya akan coba untuk menjawabnya melalui info yg saya bagikan di grup sosmed siswa.....
Info tentang point dan role PBM sejarah ala Pak Aries Prasetya
Kalian bisa mengunduh point dari beberapa hal berikut :

MENGENAL SCRABOOK BIAR SEJARAH GAK BOBOK

Hello Historian......

Salam SAMISANOV
Satu minggu satu inovasi
MENGENAL SCRABOOK BIAR SEJARAH GAK BOBOK
Pernah saya melihat salah satu karya siswa di SMA di busan yg pernah saya kunjungi, mereka bikin sesuatu dari kertas dan berisi tentenag informasi yg bagus. Saat itu saya blm tau apa namamya, dan setelah saya searching dan browsing maka taulah kalo itu namanya scrabook.
Saya berkeinginan kalo kreasi scrabook bisa digunakan dalam membuat inovasi di PBM sejarah, maka di dapatlah sebuah scrabook sejarah. Pertama saya mencoba sendiri dan hasilnya lumayan. Di tangan siswa kreasi scrabook yg mereka hasilkan malah lebih keren.
Nah melalui tulisan ini saya ingin membagikan keunikan scrabook dalam meningkatkan kreatifitas siswa untuk memahami matari sejarah.
Berikut penugasannya.....

BIKIN PREZI NAMBAH KREASI

Hello Historian......

Salam SAMISANOV
Satu minggu satu inovasi
BIKIN PREZI NAMBAH KREASI
Prezi bukanlah hal baru dalam teknologi presentasi, namun di sman 22 sby blm ada yg berani menugaskan atau menggunakan prezi sebagai sarana media presentasi. Nah dengan segepok keberanian, akhirnya saya mencoba untuk mengajarkan dan melatihkan sekaligus menugaskan pada siswa agar terbiasa menggunakan prezi, karena prezi sendiri spt PPT dengan tampilam yg lbh keren.
Alhamdulillah siswa di kelas xi ips yg blm pernah tau apa itu prezi bisa untuk dibimbing dan memakai aplikasi ini sebagai media presentasi.
Untuk lebih mengatahui kreasi siswa dan melihat kompetensi mereka maka diberikan tugas bikin prezi, sebagai berikut :

NGEVLOG BIAR GAK GOVLOG

Hello Historian......

Salam SAMISANOV
Satu minggu satu inovasi
NGEVLOG BIAR GAK GOVLOG
(metode ke kinian dlm PBM Sejarah)
Belakangan ini banyak di sosmed bersliweran video2 vlog yang di lakukan oleh selebriti atau vloger dan kelihatan bagus. Nah dalam upaya mencoba metode baru, saya melalui PBM sejarah yg saya bimbing ingin mendekatkan sejarah dengan cara kekinian yaitu video vlog.
Pertama jelas saya sendiri yg mencoba melalui quiz live di IG dan vlog di FB lalu merambah ke kr line dan youtube. Melihat progres dan antusiasme follower yg positif maka saya mencoba mengenalkan video vlog dengan memberi tugas pada siswa untuk bikin video vlog.
Berikut penugasan tersebut :