Melalui diklat ini, guru diajak untuk mengembangkan inovasi pembelajaran
dengan dua pendekatan utama: pemanfaatan teknologi pendidikan yang relevan
dan kreativitas manual yang murah namun berdampak besar. Kombinasi
keduanya dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, meningkatkan motivasi,
serta membentuk proses belajar yang lebih berpusat pada peserta didik.
🎯 Tujuan Diklat
- Meningkatkan pemahaman guru tentang
     pentingnya inovasi dalam pembelajaran.
- Memberikan keterampilan praktis dalam
     menggunakan teknologi sederhana untuk pembelajaran interaktif.
- Mendorong kreativitas guru dalam membuat
     media pembelajaran manual yang kontekstual dan hemat biaya.
- Menyusun dan menerapkan model
     pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakter peserta didik.
- Membangun komunitas guru kreatif yang
     saling berbagi ide dan inspirasi pembelajaran.
 
 
📝 Output yang Diharapkan
Setelah mengikuti diklat ini, peserta
diharapkan mampu:
- Merancang minimal satu produk inovasi
     pembelajaran berbasis teknologi (contoh: kuis digital, media interaktif,
     video pembelajaran).
- Membuat satu media pembelajaran kreatif
     manual (contoh: papan belajar, flipbook, alat peraga sederhana).
- Menerapkan desain pembelajaran inovatif
     di kelas masing-masing.
- Mendokumentasikan praktik baik dalam
     bentuk portofolio atau laporan reflektif.
Diklat ini merupakan langkah nyata dalam
mendorong transformasi pembelajaran di sekolah melalui kreativitas dan
pemanfaatan teknologi yang tepat guna. Dengan semangat kolaboratif dan
inovatif, para guru diharapkan mampu menjadi agen perubahan di kelas masing-masing—menghadirkan
pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bermakna bagi peserta
didik.
Mari bersama-sama membangun budaya belajar yang kreatif, adaptif, dan
inspiratif demi menciptakan generasi pembelajar yang unggul dan berdaya saing.
Narasumber                      : Aries
Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
Instansi                              : Pelatih
Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya
Judul materi diklat          : Inovasi Pembelajaran dengan Sentuhan Teknologi dan Kreasi
Guru
Pelaksanaan                      : Tanggal 29 Juni – 6 Juli
2025
Materi yang akan di berikan dalam Diklat 115 Samisanov
diantaranya :
| Alokasi  Waktu | ||
| Materi | Praktek | |
| 1.     
  Pengertian dan urgensi inovasi pembelajaran
  di era Kurikulum Merdeka dan abad 21 | 1 | 2 | 
| 2.     
  Karakteristik pembelajaran inovatif: aktif,
  kolaboratif, kontekstual, dan reflektif. | 1 | 2 | 
| 3.     
  Pemanfaatan Teknologi Sederhana untuk
  Pembelajaran Aktif | 1 | 3 | 
| 4.     
  Kreasi Manual untuk Media Pembelajaran
  Kontekstual | 1 | 3 | 
| 5.     
  Teknik membuat media pembelajaran dari
  barang bekas  | 1 | 3 | 
| 6.     
  Penerapan media manual dalam pembelajaran
  berbasis proyek atau tematik | 1 | 3 | 
| 7.     
  Integrasi media digital dan manual dalam
  satu skenario pembelajaran | 1 | 3 | 
| 8.     
  Merancang aktivitas pembelajaran kreatif dan
  partisipatif | 1 | 3 | 
| 9.     
  Contoh model pembelajaran inovatif:
  flipped classroom, blended learning sederhana, project-based learning dengan
  media campuran. | 1 | 4 | 
| 10.  
  Penugasan menyusun LKPD atau alur kegiatan
  belajar yang inovatif | 1 | 4 | 
| Jumlah | 10 JP | 30 JP | 
| Total
  Jam  | 40 JP | |
Langkah
dalam mengikuti Diklat 115 Samisanov “Inovasi Pembelajaran dengan Sentuhan Teknologi dan
Kreasi Guru”
 :
 

