Senin, 21 Juli 2025

Diklat 117 Samisanov : Membangun Budaya Berkarya di Sekolah dengan Pembelajaran Berbasis Proyek



Dalam era Kurikulum Merdeka dan transformasi pendidikan abad ke-21, guru dituntut tidak hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator yang mampu menginspirasi peserta didik untuk berpikir kritis, kreatif, dan mampu berkarya. Salah satu pendekatan yang paling relevan untuk menjawab tantangan tersebut adalah Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning / PjBL).

 

Diklat "Membangun Budaya Berkarya di Sekolah dengan Pembelajaran Berbasis Proyek" hadir untuk mendampingi para pendidik dalam memahami, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek secara efektif dan menyenangkan. Melalui diklat ini, guru akan belajar bagaimana menghadirkan pengalaman belajar yang bermakna, kontekstual, dan melatih siswa menjadi problem solver sejati yang menghasilkan karya nyata.

 

Lebih dari sekadar strategi pembelajaran, PjBL mendorong terbentuknya budaya berkarya di sekolah, di mana peserta didik tidak hanya belajar untuk mengetahui, tetapi juga belajar untuk mencipta. Proyek-proyek yang dirancang dengan pendekatan ini akan menumbuhkan kolaborasi, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

 

Mari bersama-sama bertransformasi menuju pendidikan yang lebih kontekstual, kreatif, dan memberdayakan melalui diklat ini. Wujudkan kelas yang hidup dan siswa yang berkarya!

 

Profil Diklat 117 Samisanov

Narasumber                      : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                              : Pelatih Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat          : Membangun Budaya Berkarya di Sekolah dengan Pembelajaran Berbasis Proyek

Pelaksanaan                      : Tanggal 3-10 Agustus 2025

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 117 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.      Filosofi dan Konsep Dasar PjBL

1

2

2.      Mendesain Proyek yang Kontekstual dan Autentik

1

2

3.      Implementasi PjBL di Kelas dan Sekolah (Contoh Praktik Baik)

1

3

4.      Asesmen Otentik dalam Pembelajaran Berbasis Proyek

1

3

5.      Prinsip asesmen dalam PjBL: asesmen formatif dan sumatif

1

3

6.      Menyusun Rencana Proyek dan Instrumen Penilaian

1

3

7.      Merancang rubrik penilaian proyek: proses, produk, dan kolaborasi

1

3

8.      Menyusun komponen: tema, tujuan, langkah kegiatan, produk, dan rubrik penilaian

1

3

9.      Merancang 1 proyek pembelajaran secara lengkap

1

3

10.   Penugasan menyusun satu Rencana Proyek dan Instrumen Penilaian

1

4

Jumlah

10 JP

30 JP

Total Jam

40 JP