Diklat ini dirancang untuk memberikan wawasan
dan keterampilan kepada para pendidik dalam memanfaatkan Blooket sebagai alat
pembelajaran interaktif di kelas. Peserta akan dibimbing untuk memahami cara
membuat dan mengelola kuis, permainan, serta cara memanfaatkan berbagai fitur
Blooket yang dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam belajar.
Tujuan Diklat:
- Memperkenalkan konsep gamifikasi
     dalam pembelajaran dan manfaatnya dalam meningkatkan motivasi serta
     keterlibatan siswa.
- Memberikan pemahaman mendalam tentang Blooket,
     termasuk cara membuat kuis berbasis permainan dan cara mengelola permainan
     interaktif.
- Melatih peserta untuk membuat materi
     ajar yang menarik dengan menggunakan fitur-fitur Blooket seperti
     leaderboard, power-up, dan analisis hasil.
- Membekali peserta dengan strategi untuk mengintegrasikan
     Blooket dalam berbagai mata pelajaran dan skenario kelas.
- Mengembangkan kreativitas guru dalam
     merancang pembelajaran yang kolaboratif dan kompetitif melalui
     pendekatan game.
Materi Diklat:
- Pengantar Gamifikasi dalam Pendidikan.
- Mengenal Aplikasi Blooket: Fitur dan
     Fungsinya.
- Cara Membuat Kuis dan Game Interaktif
     dengan Blooket.
- Strategi Pembelajaran dengan Blooket
     untuk Berbagai Mata Pelajaran.
- Evaluasi dan Analisis Hasil Pembelajaran
     melalui Blooket.
Metode Diklat:
- Presentasi dan Diskusi Interaktif
- Tutorial Langsung tentang Penggunaan
     Blooket
- Simulasi Pembuatan dan Pengelolaan Game
     di Blooket
- Praktik Mandiri dan Bimbingan
Diklat ini sangat cocok bagi guru yang ingin
mengubah suasana kelas menjadi lebih dinamis dan interaktif
melalui pendekatan pembelajaran berbasis game. Dengan menerapkan Blooket, para
pendidik dapat membangun pembelajaran yang lebih menarik, efektif,
dan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa.
Profil
Diklat 100 Samisanov
Narasumber                   : Aries Eka Prasetya,
S.Pd, M.Si
Instansi                            : Pelatih
Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya
Judul materi
diklat       : Belajar Seru dan Efektif: Penerapan Blooket untuk
Meningkatkan Keterlibatan Siswa
Pelaksanaan                   : Tanggal
29 September – 6 Oktober 2024
| Alokasi  Waktu | ||
| Materi | Praktek | |
| 1.      
  Pengertian dan konsep dasar gamifikasi dalam
  dunia pendidikan | 1 | 1 | 
| 2.      
  Manfaat Gamifikasi dalam Pembelajaran | 1 | 1 | 
| 3.      
  Studi Kasus Penggunaan Gamifikasi di Kelas | 1 | 1 | 
| 4.      
  Penjelasan tentang platform Blooket dan cara
  kerjanya | 1 | 2 | 
| 5.      
  Fitur Utama Blooket | 1 | 2 | 
| 6.      
  Kelebihan Blooket dalam Pembelajaran | 1 | 2 | 
| 7.      
  Cara Membuat dan Mengelola Game di Blooket | 1 | 3 | 
| 8.      
  Penjelasan berbagai mode permainan di
  Blooket | 1 | 3 | 
| 9.      
  Menerapkan Blooket dalam Pembelajaran
  Berbagai Mata Pelajaran | 1 | 3 | 
| 10.  
  Evaluasi Pembelajaran dan Analisis Hasil di
  Blooket | 1 | 3 | 
| 11.  
  Mengimplementasikan Blooket dalam
  pembelajaran di kelas masing-masing | 1 | 3 | 
| 12.  
  Penugasan membuat game menggunakan aplikasi
  Blooket | 1 | 4 | 
| Jumlah | 12 JP | 28 JP | 
| Total
  Jam  | 40 JP | |
Langkah
dalam mengikuti Diklat 100 Samisanov “Belajar Seru dan Efektif: Penerapan Blooket untuk
Meningkatkan Keterlibatan Siswa”  :
 

 
