Selasa, 06 Mei 2025

Diklat 112 Samisanov : Strategi Pembelajaran Bermakna dengan Pendekatan Deep Learning di Kurikulum Merdeka



Implementasi Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya pembelajaran yang berpihak pada murid, membangun kompetensi holistik, serta menumbuhkan karakter dan kreativitas siswa. Salah satu pendekatan yang sangat relevan dengan semangat ini adalah Deep Learning, yaitu pembelajaran mendalam yang mengajak peserta didik untuk berpikir kritis, reflektif, dan mampu mengaitkan materi dengan kehidupan nyata.

 

Namun, tidak sedikit guru yang masih mencari cara tepat untuk mengubah pendekatan pembelajaran dari sekadar transfer pengetahuan menjadi proses yang bermakna. Oleh karena itu, diklat ini dirancang untuk membekali para pendidik dengan strategi, metode, dan praktik pembelajaran bermakna berbasis deep learning yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.

 

Tujuan Diklat

  1. Memahami konsep dan prinsip pembelajaran bermakna dalam Kurikulum Merdeka.
  2. Mengenal pendekatan deep learning dan penerapannya di kelas.
  3. Merancang strategi pembelajaran yang mendorong pemahaman mendalam, kolaboratif, dan reflektif.
  4. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan asesmen autentik berbasis capaian pembelajaran.
  5. Mendorong inovasi pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan dunia nyata peserta didik.

 

Sasaran Peserta
Guru dari berbagai jenjang pendidikan, pengawas, kepala sekolah, serta pemerhati pendidikan yang tertarik mengembangkan pendekatan pembelajaran bermakna.

Diklat “Strategi Pembelajaran Bermakna dengan Pendekatan Deep Learning di Kurikulum Merdeka” ini diharapkan menjadi wahana peningkatan kapasitas guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada hasil, tetapi juga pada proses dan makna. Dengan membekali pendidik dengan pemahaman dan keterampilan dalam menerapkan deep learning, diharapkan akan tumbuh generasi pembelajar yang reflektif, kritis, dan adaptif terhadap tantangan zaman. Mari bersama wujudkan transformasi pendidikan yang berpihak pada peserta didik melalui pembelajaran yang bermakna, mendalam, dan kontekstual.

 

Profil Diklat 112 Samisanov

Narasumber                   : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                           : Pelatih Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat       : Strategi Pembelajaran Bermakna dengan Pendekatan Deep Learning di Kurikulum Merdeka

Pelaksanaan                   : Tanggal 18-25 Mei 2025

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 112 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.      Pendahuluan: Kurikulum Merdeka dan Tantangan Pembelajaran Modern

1

2

2.      Mengenal Konsep Deep Learning: Dari Teori ke Praktik

1

2

3.      Karakteristik Modul Ajar Berbasis Deep Learning

1

3

4.      Langkah-langkah Merancang Modul Ajar Mendalam

1

3

5.      Strategi Pembelajaran Bermakna: Kolaboratif, Reflektif, dan Kontekstual

1

3

6.      Perancangan Asesmen Autentik dan Rubrik Penilaian

1

3

7.      Studi Kasus Modul Ajar Deep Learning

1

3

8.      Menyusun Modul Ajar Sendiri

1

3

9.      Umpan Balik dan Revisi Modul Ajar

1

4

10.   Penugasan penyusun Modul Ajar Deep Learning

1

4

Jumlah

10 JP

30 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 112 Samisanov Strategi Pembelajaran Bermakna dengan Pendekatan Deep Learning di Kurikulum Merdeka :