Senin, 26 Mei 2025

Diklat 114 Samisanov : Digitalisasi Perangkat Pembelajaran dengan MagicSchool AI



Di era percepatan teknologi dan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berdiferensiasi, guru dituntut untuk lebih adaptif, kreatif, dan efisien dalam merancang perangkat ajar. Diklat ini dirancang khusus untuk membantu para pendidik mentransformasi proses perencanaan pembelajaran dari cara manual ke pendekatan digital yang cerdas dan praktis menggunakan MagicSchool AI.

 

Melalui pelatihan ini, peserta akan mempelajari bagaimana memanfaatkan kecerdasan buatan untuk:

  • Membuat RPP/Modul Ajar secara cepat dan relevan
  • Menyusun tujuan pembelajaran berdiferensiasi
  • Merancang kegiatan belajar yang menarik dan kontekstual
  • Membuat asesmen serta rubrik penilaian dengan efektif

 

Dengan pendekatan yang aplikatif dan hands-on, diklat ini akan membuka wawasan guru untuk menjadikan AI sebagai asisten profesional yang mempercepat dan menyempurnakan proses pembelajaran.

 

📌 Output:

Perangkat ajar (RPP/Modul Ajar) lengkap hasil eksplorasi dengan MagicSchool AI yang dapat langsung diterapkan di kelas.

 

📍 Sasaran Peserta:

Guru dari semua jenjang dan mata pelajaran yang ingin mendigitalisasi perangkat ajarnya.

 

Penutup:

Dengan mengikuti diklat ini, para guru tidak hanya akan memperoleh keterampilan baru dalam pemanfaatan teknologi, tetapi juga akan siap menjadi pendidik masa depan yang inovatif dan responsif terhadap tantangan zaman.

Mari kita wujudkan pembelajaran yang lebih efisien, personal, dan berdampak melalui integrasi AI dalam dunia pendidikan.

 

Profil Diklat 114 Samisanov

Narasumber                      : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                              : Pelatih Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat          : Digitalisasi Perangkat Pembelajaran dengan MagicSchool AI

Pelaksanaan                      : Tanggal 15-22 Juni 2025

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 114 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.      Membangun motivasi dan pemahaman pentingnya digitalisasi perangkat ajar

1

2

2.      Pengenalan MagicSchool AI: Filosofi, fungsi, dan keunggulan

1

2

3.      Mendaftar dan login MagicSchool AI

1

3

4.      Navigasi fitur utama: Lesson planner, rubric builder, feedback assistant

1

3

5.      Tips & trik membuat prompt yang efektif untuk MagicSchool AI

1

3

6.      Membuat Modul Ajar / RPP Otomatis dengan MagicSchool AI

1

3

7.      Cara menulis prompt untuk membuat modul ajar 1 pertemuan menggunakan MagicSchool AI

1

3

8.      Menyusun Pertanyaan Pemantik, Refleksi, dan Umpan Balik Siswa menggunakan MagicSchool AI

1

3

9.      Strategi Implementasi MagicSchool AI di Sekolah

1

4

10.   Penugasan membuat RPP Otomatis dengan MagicSchool AI

1

4

Jumlah

10 JP

30 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 114 Samisanov Digitalisasi Perangkat Pembelajaran dengan MagicSchool AI :

Senin, 19 Mei 2025

Diklat 113 Samisanov : Merancang Evaluasi Efektif Berbasis AI Menggunakan QuestionWell untuk Guru Abad 21



Diklat ini dirancang untuk membekali para guru dengan keterampilan dalam merancang evaluasi pembelajaran yang efektif dan efisien dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan (AI). Dalam era pendidikan digital yang terus berkembang, guru dituntut untuk tidak hanya menguasai materi ajar, tetapi juga mampu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas proses asesmen.

 

QuestionWell adalah salah satu platform AI yang memungkinkan guru untuk membuat soal pilihan ganda, isian, maupun uraian secara otomatis dan instan hanya dari teks atau topik tertentu. Dengan fitur ekspor ke berbagai platform seperti Google Forms, Quizizz, Kahoot, dan LMS lainnya, QuestionWell menjadi solusi ideal bagi guru yang ingin menghemat waktu tanpa mengorbankan kualitas evaluasi.

 

Melalui diklat ini, peserta akan diajak untuk memahami konsep evaluasi berbasis AI, mengeksplorasi fitur QuestionWell secara langsung, serta merancang dan menerapkan evaluasi yang selaras dengan tujuan pembelajaran abad ke-21 yang menekankan pada berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.

 

Tujuan Diklat

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:

·        Memahami konsep dasar evaluasi pembelajaran berbasis teknologi dan AI.

·        Mengenal dan mengoperasikan platform QuestionWell dalam merancang soal secara otomatis.

·        Menyusun instrumen evaluasi berbasis AI yang relevan, valid, dan sesuai dengan capaian pembelajaran.

      Menjadi guru adaptif dan inovatif yang mampu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas asesmen di kelas.

 

Sasaran Peserta

Guru SD, SMP, SMA, dan SMK dari berbagai mata pelajaran yang ingin meningkatkan keterampilan dalam asesmen berbasis teknologi.

 

Melalui pelatihan ini, diharapkan para guru tidak hanya memahami konsep evaluasi berbasis AI, tetapi juga mampu menerapkannya secara nyata dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan platform QuestionWell akan membuka peluang besar bagi guru untuk lebih produktif, kreatif, dan efisien dalam merancang asesmen yang berkualitas.

 

Dengan demikian, diklat ini merupakan langkah strategis dalam mendukung transformasi pendidikan digital dan penguatan kompetensi guru abad ke-21 yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. Semoga pelatihan ini memberikan inspirasi, keterampilan baru, dan semangat untuk terus berinovasi dalam dunia pendidikan.

 

Profil Diklat 113 Samisanov

Narasumber                      : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                              : Pelatih Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat          : Merancang Evaluasi Efektif Berbasis AI Menggunakan QuestionWell

                                              untuk Guru Abad 21

Pelaksanaan                      : Tanggal 1-8 Juni 2025

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 113 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.      Tujuan dan fungsi evaluasi pembelajaran

1

2

2.      Tantangan evaluasi konvensional vs kebutuhan abad ke-21

1

2

3.      Peran teknologi dan AI dalam meningkatkan kualitas asesmen

1

3

4.      Contoh implementasi AI dalam pembelajaran dan asesmen

1

3

5.      Apa itu QuestionWell

1

3

6.      Mendaftar dan login ke QuestionWell

1

3

7.      Praktik Merancang Soal Evaluasi Menggunakan QuestionWell

1

3

8.      Ekspor dan Integrasi dengan Media Pembelajaran Lain

1

3

9.      Melihat hasil pekerjaan siswa dengan QuestionWell

1

4

10.   Penugasan membuat evaluasi menggunakan QuestionWell

1

4

Jumlah

10 JP

30 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 113 Samisanov Merancang Evaluasi Efektif Berbasis AI Menggunakan QuestionWell untuk Guru Abad 21 :

Selasa, 06 Mei 2025

Diklat 112 Samisanov : Strategi Pembelajaran Bermakna dengan Pendekatan Deep Learning di Kurikulum Merdeka



Implementasi Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya pembelajaran yang berpihak pada murid, membangun kompetensi holistik, serta menumbuhkan karakter dan kreativitas siswa. Salah satu pendekatan yang sangat relevan dengan semangat ini adalah Deep Learning, yaitu pembelajaran mendalam yang mengajak peserta didik untuk berpikir kritis, reflektif, dan mampu mengaitkan materi dengan kehidupan nyata.

 

Namun, tidak sedikit guru yang masih mencari cara tepat untuk mengubah pendekatan pembelajaran dari sekadar transfer pengetahuan menjadi proses yang bermakna. Oleh karena itu, diklat ini dirancang untuk membekali para pendidik dengan strategi, metode, dan praktik pembelajaran bermakna berbasis deep learning yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.

 

Tujuan Diklat

  1. Memahami konsep dan prinsip pembelajaran bermakna dalam Kurikulum Merdeka.
  2. Mengenal pendekatan deep learning dan penerapannya di kelas.
  3. Merancang strategi pembelajaran yang mendorong pemahaman mendalam, kolaboratif, dan reflektif.
  4. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan asesmen autentik berbasis capaian pembelajaran.
  5. Mendorong inovasi pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan dunia nyata peserta didik.

 

Sasaran Peserta
Guru dari berbagai jenjang pendidikan, pengawas, kepala sekolah, serta pemerhati pendidikan yang tertarik mengembangkan pendekatan pembelajaran bermakna.

Diklat “Strategi Pembelajaran Bermakna dengan Pendekatan Deep Learning di Kurikulum Merdeka” ini diharapkan menjadi wahana peningkatan kapasitas guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada hasil, tetapi juga pada proses dan makna. Dengan membekali pendidik dengan pemahaman dan keterampilan dalam menerapkan deep learning, diharapkan akan tumbuh generasi pembelajar yang reflektif, kritis, dan adaptif terhadap tantangan zaman. Mari bersama wujudkan transformasi pendidikan yang berpihak pada peserta didik melalui pembelajaran yang bermakna, mendalam, dan kontekstual.

 

Profil Diklat 112 Samisanov

Narasumber                   : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                           : Pelatih Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat       : Strategi Pembelajaran Bermakna dengan Pendekatan Deep Learning di Kurikulum Merdeka

Pelaksanaan                   : Tanggal 18-25 Mei 2025

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 112 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.      Pendahuluan: Kurikulum Merdeka dan Tantangan Pembelajaran Modern

1

2

2.      Mengenal Konsep Deep Learning: Dari Teori ke Praktik

1

2

3.      Karakteristik Modul Ajar Berbasis Deep Learning

1

3

4.      Langkah-langkah Merancang Modul Ajar Mendalam

1

3

5.      Strategi Pembelajaran Bermakna: Kolaboratif, Reflektif, dan Kontekstual

1

3

6.      Perancangan Asesmen Autentik dan Rubrik Penilaian

1

3

7.      Studi Kasus Modul Ajar Deep Learning

1

3

8.      Menyusun Modul Ajar Sendiri

1

3

9.      Umpan Balik dan Revisi Modul Ajar

1

4

10.   Penugasan penyusun Modul Ajar Deep Learning

1

4

Jumlah

10 JP

30 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 112 Samisanov Strategi Pembelajaran Bermakna dengan Pendekatan Deep Learning di Kurikulum Merdeka :