Storyboard secara sederhana disebut papan cerita. Storyboard adalah rangkaian sketsa gambar yang digunakan untuk menggambarkan bahan cerita. Storyboard berfungsi untuk menggambarkan alur cerita, mulai dari awal hingga akhir. selain itu storyboard juga berfungsi untuk merencanakan proses pengambilan gambar agar lebih terstruktur. Storyboard merupakan penjabaran dari alur pembelajaran yang sudah didesain (flowchart) yang berisi informasi pembelajaran dan prosedur serta petunjuk pembelajaran. Storyboard menunjukan apa saja aktivitas yang harus dilakukan siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran multimedia yang dibangun.
Tujuan dari storyboard ini yaitu sebagai media pendukung dalam proses
pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik mudah menangkap pembelajaran
yang diajarkan oleh guru. Selain itu, guru juga dituntut untuk mengembangkan
idenya lebih luas dalam proses pembuatan storyboard ini, juga memperjelas
flowchart. Dalam inovasi yang dikembangkan Samisanov, kami mencoba untuk
menjadikan storyboard dengan alur gambar yang bisa dijadikan media pembelajaran
yang lebih bermakna.
Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui kanal pelatihan SAMISANOV (satu
minggu satu inovasi) ingin memberikan pelatihan kepada guru-guru Indonesia
untuk memanfaatkan storboard dalam membuat media pembelajaran agar bisa membantu
guru. Sehingga Diklat 57 Samisanov kali ini mengambil judul : Mendisain
Storyboard Untuk Pembelajaran Bermakna
Materi yang akan di berikan dalam Diklat 57 Samisanov
diantaranya :
| Alokasi  Waktu | ||
| Materi | Praktek | |
| 1.      
  Mengenal dan memanfaatkan Storboard
  dalam membuat media pembelajaran yang menarik dan bermakna | 1 | 2 | 
| 2.      
  Memanfaatkan dan mengetahui fitur aplikasi
  Storyboard That  | 1 | 2 | 
| 3.      
  Langkah-langkah
  dalam membuat storyboard   | 1 | 3 | 
| 4.      
  Merancang
  Storyboard sesuai alur materi mapel yang diajarkan   | 1 | 3 | 
| 5.      
  Mendisain storyboard dengan aplikasi Storyboard
  That | 1 | 3 | 
| 6.      
  Mengedit storyboard (gambar, text dan alur
  percakapan atau flowcart) | 1 | 4 | 
| 7.      
  Menyimpan hasil stoyboard menjadi PDF atau
  mempublish langsung sebagai media pembelajaran | 1 | 4 | 
| 8.       Penugasan membuat media pembelajaran berupa
  storyboard menggunakan aplikasi storyboard that | 1 | 5 | 
| 9.       Mengimplementasikan media pembelajaran yang
  telah dibuat kepada siswa atau kelas yang dibimbing | 1 | 5 | 
| Jumlah | 9 JP | 31 JP | 
| Total
  Jam  | 40 JP | |
Profil
Diklat 57 Samisanov
Narasumber
                     : Aries Eka
Prasetya, S.Pd, M.Si
Instansi                                : Pelatih Nasional IGI
dan Founder Samisanov
Judul materi diklat          : Mendisain Storyboard Untuk Pembelajaran Bermakna
Pelaksanaan                      :
11-18 September 2022
Langkah
dalam mengikuti Diklat 57 Samisanov “Mendisain
Storyboard Untuk Pembelajaran Bermakna” 
 

 
