Dunia Inovasi

Materi Sejarah

Rabu, 17 Oktober 2018

EKSPEDISI KE RUMAH SEJARAH UNESA

Hello Historian......
Assalamualaikum Wr Wb
Halo teman-teman πŸ˜‰πŸ˜€
Piyee kabare gaess
Jumpa lagi dgn pengalaman terbaru yang pasti nya seruu dorr πŸ˜†πŸ˜€
Haii kita dari kelompok 2 nihh πŸ˜Š
Tepatnya hari jumat 5 oktober 2018 kita menjalankan tantangan dari guru sejarah kita, Pak Aries Prasetya, yaitu mengunjungi acara yg diadakan oleh Universitas Surabaya (UNESA) Jurusan Sejarah.
Kita semua disana mengunjungi rumah sejarah yang baru saja resmi dibuka. Tidak hanya mengunjugi nya saja, melainkan kita disana juga menambah wawasan baru tntang pengetahuan ilmu sejarah. Sehingga dapat dikatakan dengan "Kegiatan Ekspedisi Ke Rumah Sejarah". Disana kami juga ditemani oleh mas bagus, selaku mahasiswa di Unesa jurusan sejarah. Ada pula beberapa kegiatan yang kita lakukan saat mengunjugi rumah sejarah yaitu :


1. Pertama kita mengisi daftar hadir yang telah disediakan
2. Kita langsung diajak untuk menonton film perbedaan dan perkembangan kehidupan antara zaman dahulu dgan zaman modern saat ini.
3. Setelah itu, kita juga diberikan pengetahuan tntang penemuan-penemuan pada zaman dahulu seperti penemuan peninggalan dizaman paleolithikum, mesolithikum, neolithikum
4. Selanjutnya di sana kita juga mengetahui contoh tiruan bentuk transportasi yg digunakan koloni pada saat menjajah wilayah Indonesia.
5. Berikutnya disana juga ada mesin ketik yang kondisinya msih layak dipergunakan.
6. Ada juga bentuk tiruan candi borobudur dengan ukuran stupa dan candi kecil sehingga nampak menarik.
6. Kemudian, ada juga foto-foto wilayah Surabaya pada zaman dahulu seperti jalan tunjungan, hotel majapahit, jalan jembatan merah, bank indonesia, stasiun surabaya, dan monumen tugu pahlwan.
7. Terdapat pula kumpulan motif-motif batik khas indonesia seperti motif parang rusak, kawung, dan msih banyak lagi
Itulah beberapa kegiatan yg kmi lakukan saat ekspedisi ke rumah sejarah. Hikmah yg didapatkan yaitu
1. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan baru
2. Dapat mengetahui replika sumber-sumber bersejarah seperti candi, persenjataan, prasasti.
Dapat disimpulkan bahwa belajar sejarah tidak hanya mendengarkan saja dari guru, melainkan kita juga dapat mengetahui langsung sumber-sumber sejarah pada zaman dahulu dengan cara melakukan ekspedisi museum, rumah sejarah, monumen, candi dan sebagainya.
Buat teman-teman semua yang masih penasaran apa aja sih kegiatan yang dilakukan di rumah sejarah? kalian bisa cek dan lihat minivlog dari kita;)
Sekian dari kita ya gaess πŸ˜šπŸ˜‹

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....