Hello Historian......
Gambaran Kreasi dan Inovasi yang di share di FB dan Blog
Bersama
Pak Aries Sejarah Makin Eksis
Oleh : Aries Eka Prasetya, S.Pd,
M.Si
*Guru Sejarah SMA Negeri 22 Surabaya
Latar Belakang
Belajar
sejarah itu membosankaan, itulah ungkapaan pertama kali yang penulis dengarkan
dari siswa ketika awal menjadi guru sejarah. Mata pelajaran Sejarah memiliki
arti strategis dalam pembentukan watak dan peradaban bangsa yang bermartabat
serta dalam pembentukan manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan
cinta tanah air. Sejarah merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk
diajarkan, karena mata pelajaran sejarah bisa membuat siswa atau peserta didik
mengerti akan kehidupan masa lalu sebagai kehidupan yang telah ada sebelum
kehidupan saat ini. Tapi sering kali dalam penerapanya mata pelajaran sejarah
kuran menarik minat siswa untuk belajar tentang sejarah.
Hal
ini pada umumnya dikarenakan karena metode atau strategi yang digunakan dalam
pembelajran sejarah hanya dengan metode ceramah sehingga peserta didik kurang
merasa tertarik terhadap mata pelajaran sejarah. Permasalah lain adalah
pembelajaran yang digunakan hanya dengan pembelajaran satu arah, yaitu hanya
guru yang menjadi pusat pengetahuan atau sumber belajar bagi peserta didik.
Pembelajaran satu arah mengakibatkan peserta didik sangat kurang referensi untuk
sumber belajar meraka, sehingga pengetahuan tentang sejarah hanya mereka
dapatkan dari guru mereka.
Permasalahan
pembelajaran sejarah yang telah dijelaskan diatas meenunjukkan betapa belum
efektifnya dan belum kondusifnya pembelajaran sejarah yang diterapkan, sehingga
menyebabkan peserta didik menjadi malas dan tidak tertarik untuk mempelajari
mata pelajaran sejarah.
Di
era digital saat ini, banyak siswa yang menggunakan gadget namun tidak
memanfaatkan dengan positif. Gadget dianggapa sebagai teman dan hal yang
memudahan mereka untuk melakukan appapun sehingga tidak menutup kemungkinan
hal-hal yang negatif pun akan brsentuhan langsung dengan mereka. Maka perlu
dilakukan inovasi terobosan dalam proses belajar mengajar sejarah dengan
menggunakan teknologi komunikasi di era digitaal ini.
Memberikan Sentuhan IT Pada PBM Sejarah
Pengajaran
merupakan suatu upaya untuk menciptakan lingkungan agar mempengaruhi siswa
untuk aktif dalam belajar. Karena itu penekanan usaha tersebut adalah bagaimana
membangkitkan aktifitas siswa untuk belajar, yang pada prinsipnya nanti
bertujuan untuk mecapai hasil belajar yang maksimal. Mengadakan sebuah
lingkungan belajar yang kreatif terutama dalam pembelajaran sejarah tentulah
tidak mudah, karena contoh dan materi yang diajarkan adalah manusia dengan
konsep yang berbeda-beda, tentunya permasalahan materi dan konsep tersebut
harus diperhitungkan dalam membentuk pembelajaran yang inovatif.
Setidaknya
sorang guru dalam melakukan pembelajaran sejarah harus bisa melakukan inovasi-inovasi
dalam pembelajaran, selain melakukan dengan pembimbingan yang bijaksana
terhadap kesalahan siswa, tidak menghukum seluruh kelas karena kesalahan
individu, tidak mengorganisai kelas dengan suasana ketakutan ataupun memberikan
tekanan tertentu pada kelas. Untuk mendukung usaha diatas diperlukan pilihan
konsep dan bahasa mengajar, pilihan metode atau teknik mengajar dan yang
terpenting adalah pilihan media pengajaran yang sangat mendukung. Dari uraian
tersebut bahwa harus ada sebuah
pembelajaran kreatif, sehingga pembelajaran sejarah bisa terlaksana secara
maksimal dan mencapai tujuan dari pembelajaran sejarah itu sendiri.
Pembelajaran
kreatif tentunya memerlukan strategi pembelajaran yang harus mempertimbangkan
komponen yang dihadapi dalam pembelajran sejarah itu sendiri. Penggunaan It
sebagai media kreatif dalam pembelajran sejarah bisa menjadi solusi dalam
menghadapi permasalahan pembelajaran sejarah. Media pembelajaran sebagai salah
satu unsur dari proses belajar mengajar adalah asngat penting posisinya, karena
pada waktu sekarang media tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat bantu dalam
proses belajar mengajar, akan tetapi sudah menjadi bagian yang integral dalam
proses tersebut, disamping itu media juga bisa berfungsi sebagai
pengantar informasi yang efektif, dalam proses penyaluran ilmu kepada
siswa.
Model
pembelajaran akan lebih menarik apabila disertai dengan media pembelajaran. Hal
ini mengingat media pembelajaran dapat mendukung peserta belajar memahami
penyampaian materi yang disampaikan oleh pengajar. Media pendidikan merupakan
sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dan siswa agar terciptanya
efektifitas proses pembelajaran. Kreatifitas dalam penggunaan berbagai macam
media tentunya akan meningkatkan kemungkinan siswa belajar lebih banyak, apa
yang mereka pelajari dapat diingat dengan lebih baik, dan meningkatkan
kemampuan mereka untuk berkembang. Perkembangan teknologi yang sangat pesat
tentunya membuat betambahnya pilihan guru dalam membuat media pengajaran,
namun untuk mensiasati pemilihan tersebut para guru baiknya memilih teknologi
terapan yang hasil media tersebut merupakn hasil karya guru.
Pemanfaatan
multimedia dalam pengajaran sejarah memang telah membuktikan mempunyai pengaruh
terhadap kemajuan siswa, baik dari segi penghayatan maupun dari segi pencapaian
tujuan belajar, selama ini pemanfaatan media film dan internet contohnya, kedua
media ini telah memberikan kontribusi. Pengunaan media komputer yang selama ini
cendrung tidak maksimal, pemanfaatan media komputer yang monoton dan terpaku
pada satu jenis komponen saja. Pada zaman yang kemajuan teknologi sangat pasat
seperti saat sekarang perlu pensiasatan oleh guru untuk lebih mengoptimalkan
penggunaan teknologi, untuk itu guru perlu memahami konteks kejiwaan siswa yang
masih diliputi oleh nuansa kesenangan pada tekonolgi yang tidak monoton,
sehingga proses belajar lebih bisa mengoptimalkan hasil dan tujuan pembelajaran
itu sendiri.
Sehingga
dalam pelaksanaan PBM Sejarah di SMA Negri 22 Surabaya, Aries Eka Prasetya
menggunakan beberapa aplikasi dan metode pembelajaran berbasis IT untuk
meningkatkan minat belajar siswa sekaligus belajar kreatif, efektif dan
inovatif. Beberapa aplikasi yang digunakan seperti Microsoft Online, mulai word
online, excel online, hingga Power Point Online. Untuk membuat krreatifitas
dalam presentasi siswa juga dikenalkan dan dilatih menggunakan SWAY. Dalam
proses evaluasi penulis menggunakan Quipperschool dengan memanfaatkan fasilitas
Create di Quipper School dimana guru bisa membuat dan mengatur soal nya sendiri
agar bisa digunakan untuk UH siswa.
PBL (Project Based Learning) dalam PBM Sejarah Berbasis SWAY
Saah satu kreasi dalam PBM
sejaaraah yang pernah dilakukan oleh penulis adalah melaksanakan Pembelajaran
Berbasis Proyek dengan menggunakan beberapa bantuan aplikasi IT untuk
menumbuhkan jiwa kepahlawanan pada generasi muda saat ini. Adapun rekaman
mengenai PBL yang dilaksanakan penulis dalam PBM Sejaarah di kelas XI IPS SMA
Negeri 22 Surabaya terangkum sebagai berikut :
Informasi
yang di share ke siswa melalui Sosial Media
Proyek
Sejarah untuk kelas XI Sos
Proklamasi Kemerdekaan Sebagai Penegak Hak Bangsa Indonesia
(Menumbuhkan
jiwa kepahlawanan generasi muda melalui proyek Peristiwa Seputar Proklamasi)
Memasuki materi terakhir bab 3 tentang proklamasi
maka pak aries ingin membuat kreasi berupa proyek siswa yang menjadi rangkuman
semua inovasi-inovasi yang telah dilakukan dalam PBM Sejarah selama 1 tahun
bersama pak aries.
Bagaimana
caranya pak ?
Nanti dalam PBM sejarah siswa akan di program untuk
melaksanakan “sesuatu” membuat “sesuatu” dan mengajak (persuasif) semacam
kampanye dan mendokumentasikan serta mempublikasikan semuanya menjadi sebuah
Kompetensi yang dimiliki siswa dalam bab 3.
(Proyek 1) –
Diskusi menghasilkan karya berupa Ketikan Ms. Word
1.
Silahkan amati materi yang akan di
jelaskan oleh pak aries (apersepsi) melalui video berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=-gKr-QpRQLo
2.
Melalui searching dan browsing dari
berbagai media (internet, buku, modul, dll) laksanakan diskusi kelompok (bagi
kelas menjadi 5 kelompok) untuk membahas
permasalahan-permasalahan berikut ini :
a.
Kelompok 1 (Menjelaskan
peristiwa-peristiwa yang mendorong atau melatar belakangi terjadinya Proklamasi).
Keterangan : Janji Kemerdekaan oleh Jepang hingga Berita Kekalahan Jepang
b.
Kelompok 2 (Menjelaskan Perbedaan
Sikap generasi muda dan generasi tua dalam upaya Proklamasi serta jalan
keluarnya). Keterangan : Rapat2 generasi muda, Peristiwa Rengasdengklok hingga
Proklamasi)
c.
Kelompok 3 (Menjelaskan Sambutan
Indonesia terhadap Proklamasi). Keterangan : Upaaya penyebarluasan berita
proklamasi hingga pernyataan Sri Sultan Hamengkubuwono 9 terhadap dukungan
Proklamasi.
d.
Kelompok 4 (Menjelaskan Peristiwa Heroik
di berbagai daerah). Keterangan : Ambil salah satu peristiwa heroik yang ada
(contoh : Pertempuran Surabaya) kemudian kalian kaji berdasarkan 5W+1H dan
kaitannya dengan upaya Proklamasi
e.
Kelompok 5 (Menjelaskan upaya
penataan negara pasca kemerdekaan). Keterangan : Jelaskan semua peristiwa dan
kronologi pembentukan aparatur negara hingga pembentukan tentara di Indonesia
(hasil sidang PPKI)
3.
Tulis hasil diskusi kelompok
kalian menggunakan fasilitas Microsoft Word kemudian upload di One Drive kalian
nanti link nya kalian share di FB Pak Aries Ok (nanti akan di sediakan saat
PBM). Buat kaalian yang pengen tau apa itu One Drive bisa baca disini http://sejarah22kreatif.blogspot.co.id/2016/03/mengenal-onedrive.html
4.
Karya kalian ini nanti akan
dijadikan LKS Digital (menggunakan Ms. Word Online) tentang Peristiwa
Proklamasi di sini
5. Jangan lupa selama diskusi harap foto semua kegiatan kalian sebagai
bahan dokumentasi dan publikasi serta akan dinilai sebagai afektif (sikap)
selama mengikuti diskusi kelompok.
(Proyek 2)
Diskusi dan Merencanakan Poster – Menghasilkan Poster dan Video Kampanye
Setelah memahami tentang peristiwa Proklamasi, maka
selanjutnya kalian harus mendeskripsikan dampak apa saja yang dapat di ketahui
serta hal-hal apa saja yang seharusnya dilakukan generasi muda untuk mengisi
kemerdekaan dan menumbuhkan jiwa kepahlawanan di tengah masyarakat (khususnya
sekolah).
1. Bagi kelas menjadi beberapa kelompok (tiap kelompok beranggotan
maksimal 8 orang)
2.
Diskusikan dengan kelompok kalian
berdasarkan hasil Rangkuman LKS Digital Online (lihat hasil dari Proyek 1)
mengenai hal-hal berikut ini :
a.
Pendapat generasi muda mengenai
proklamasi
b.
Pengetahuan generasi muda tentang
proklamasi (5W+1H)
c.
Langkah atau upaya yang bisa
dilakukan oleh generasi muda untuk mengisi kemerdekaan (tunjukan dengan jiwa
kepahlawanan, misalnya : Pahlawan pendidikan, pahlawan lingkungan, dll)
d.
Ajakan (persuasif) bagi generasi
muda agar menjadi baik kedepannya
3.
Tulis semua pertanyaan yang ingin
kalian tanyakan ke audiens nanti dan pernyataan-pernyataan yang ingin kalian
bagi pada khalayak (saat kampanye) nanti.
4.
Buat poster ajakan bertemakan
“Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda” di print yang bagus dgn ukuran A4
atau F4 atau A3 (terserah). Dan jangan lupa sebagai bentuk ungkapan terima
kasih nantinya pada audiens atau orang
yang kalian jumpai, buat semacam kartu atau stiker yang bertemakan “Menumbuhkan
Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda” untuk dibagi-bagi nantinya.
5.
Kalian bisa membuat poster atau
kartu menggunakan fasilitas Photoshop, Corel Draw, Comic Life atau software
lainnya untuk membuat poster.
6.
Laksanakan kampanye “Menumbuhkan
Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda” di sekitar sekolah dengan menjumpai beberapa
siswa dan kenalkan pada mereka tentang proyek kalian
7.
Jangan lupa untuk memfoto dan
memvideo kegiatan kampanye kalian (bisa menggunakan SLR, HP atau Handycam)
8.
Edit poto dan video kampanye
kalian tadi sehingga menghasilkan sebuah Video Kampanye “Menumbuhkan Jiwa
Kepahlawanan Generasi Muda” (kalian bisa mengedit menggunakan Movie Maker, AVS,
Ulead, Pinnacle dan editing video yang kalian sukai)
9.
Karya yang dikumpulkan adalah
Poster dan Video Kampanye kelompok kalian (lembaran dan file nya)
10. Jangan lupa untuk menambah nilai dan bukti, silahkan poto dengan Pak
Aries dan guru2 lainnya saat kampanye “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi
Muda”
Catatan
Kalian bisa melihat link berikut :
Tutorial membuat poster dan software nya
Editing Video with AVS
(Proyek 3) Membuat
Presentasi SWAY dari semua kegiatan Proyek 1 dan 2 – Presentasi di depan kelas
menggunaakan Fasilitas SWAY
Setelah kalian melaksanakan proyek 1 dan proyek 2
mulai mendiskusikan hingga mengkampanyekan “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan
Generasi Muda” maka langkah selanjutnya adalah melaksanakan presentasi hasil
semua yang telah kalian laksanakan dan hasilkan. Laksanakan kegiatan berikut :
1.
Bentuk kelompok dari kelompok
kampanye (proyek 2) kemudian baca tutorial membuat presentasi menggunakan sway
yang ada di link berikut http://sejarah22kreatif.blogspot.co.id/2016/02/tutorial-sway-bahasa-indonesia-dari-pak.html
2.
Kumpulkan semua berkas kalian baik
itu berupa hasil diskusi dari proyek 1 dan 2
berupa foto dan gambar serta video yang telah kalian upload di youtube.
3.
Untuk melihat contoh sway yang
sudah jadi silahkan lihat disini https://sway.com/Ht71eoXdkoLQAc1o
4.
Silahkan membuat presentasi
menggunakan sway
5.
Setelah selesai silahkan upload
link sway yang telah kalian buat di status FB Pak Aries Ok yang nanti akan
disediakan
6.
Nanti akan ada presentasi dari
sway yang telah kalian buat
7. Jangan lupa selama diskusi harap foto hingga presentasi esemua kegiatan
kalian sebagai bahan dokumentasi dan publikasi serta akan dinilai sebagai
afektif (sikap) selama mengikuti pembuatan sway kelompok hingga presentasi
Simpulan
Pemanfaatan
tekonologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan mutlak dilakukan untuk
menjawab permasalahan di bidang pendidikan terutama akses dan pemerataan serta
mutu pendidikan. Melalui kreasi dan inovasi yang dilakukan dalam PBM Sejarah di
SMA Negeri 22 Surabaya dapat terlihat bahwa IT bisa meningkatkan minat siswa
dan memudahkan mereka dalam memahami sejarah. Berbagai aplikasi yang digunakan akan semakin bagus jika di bawakan
dan dikemas menarik sehingga PBM berjalan menarik unik dan siswa termotivasi
serta terinspirasi dari proses pembelajaran yang dilakukan.
Video MTMH IDL 2016 bisa di
akses di link berikut :
Saya Aries Eka Prasetya, pengajar di SMA Negeri 22 Surabaya
Sebagai guru sejarah ...... saya memiliki tantangan tersendiri...... karena pelajaran sejarah dianggap sebagian besar siswa sebagai pelajaran yang penuh hafalan kronologi dan peristiwa sejarah. .....
Di era digital saat ini.....saya mencoba untuk memanfaatkan aplikasi dan teknologi komunikasi dalam pelajaran sejarah.......
Siswa yang sudah terbiasa dengan gadget dan sosial media ......saya giring untuk memanfaatkannya dengan postif menunjang pembelajaran sejarah......
Alhamdulillah dengan inovasi dan kreasi sentuhan ini membuat anak didik saya antusias dan terinspirasi untuk selalu termotivasi mengikuti pembelajaran sejarah.......
Tidak perlu tampil seksi kalo untuk mencari sensasi
Mari berinovasi dan berkreasi insyaallah prestasi akan menghampiri
Awali semua dengan hati Semoga allah meridhoi
Karya ini merupakan kilasan dari proyek SWAY yang telah saya laksanakan.
Sebagai guru sejarah ...... saya memiliki tantangan tersendiri...... karena pelajaran sejarah dianggap sebagian besar siswa sebagai pelajaran yang penuh hafalan kronologi dan peristiwa sejarah. .....
Di era digital saat ini.....saya mencoba untuk memanfaatkan aplikasi dan teknologi komunikasi dalam pelajaran sejarah.......
Siswa yang sudah terbiasa dengan gadget dan sosial media ......saya giring untuk memanfaatkannya dengan postif menunjang pembelajaran sejarah......
Alhamdulillah dengan inovasi dan kreasi sentuhan ini membuat anak didik saya antusias dan terinspirasi untuk selalu termotivasi mengikuti pembelajaran sejarah.......
Tidak perlu tampil seksi kalo untuk mencari sensasi
Mari berinovasi dan berkreasi insyaallah prestasi akan menghampiri
Awali semua dengan hati Semoga allah meridhoi
Karya ini merupakan kilasan dari proyek SWAY yang telah saya laksanakan.
Berikut link
SWAY saya....
https://sway.com/ei9e8X9MpFhaWaIP
Dan ini link RPP pelaksanaan PBL sejarahnya
https://goo.gl/1q2aSU
https://sway.com/ei9e8X9MpFhaWaIP
Dan ini link RPP pelaksanaan PBL sejarahnya
https://goo.gl/1q2aSU
Video Lain yang merupakan bukti dalam melaksanakan
Digital Learning dalam PBM Sejarah
Presentasi Sparkol
Presentasi Sparkol
sosiodrama proklamasi
jilid 4
jilid 2
jilid 3
jilid 1
pbm K-13
sparkol demokrasi terpimpin
video demokrasi liberal
sosiodrama pak aries
Gambaran Kreasi dan Inovasi yang di share di FB dan Blog
Facebook sebagai tempat share dan media komunikasi dalam sistem
Point
Grup untuk tambahan point (grup
“rahasia” khusus siswa yang antusias lebih)
Share melalui media Blog
Profil
Nama : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
Pekerjaan : Guru Sejarah di SMA Negeri 22 Surabaya
HP : 081938304745
Pemvelajaran pasti menarik, krn guru pandai memilih media yg sesuai. 👍👍👍👍
BalasHapus