Selama diklat ini, peserta akan
dibimbing untuk memahami konsep dasar dari Conker serta mempelajari beragam
fitur yang dapat digunakan untuk membuat soal secara efisien. Para peserta akan
diajak untuk menggali potensi kreativitas mereka dalam menghasilkan berbagai
jenis soal, mulai dari pilihan ganda, esai, hingga soal interaktif. Dengan
bantuan instruktur yang berpengalaman dalam penggunaan Conker, peserta akan
belajar bagaimana menggunakan berbagai alat dan fitur yang disediakan oleh
platform ini untuk membuat soal yang sesuai dengan kebutuhan kurikulum dan
tingkat kesulitan yang diinginkan.
Selain itu, peserta juga akan
diberikan pemahaman mengenai pentingnya pembuatan soal yang tidak hanya menguji
pemahaman konsep, tetapi juga mendorong pemikiran kritis, kreativitas, dan
pemecahan masalah. Dengan memanfaatkan teknologi Conker, guru dapat meningkatkan
efisiensi dalam pembuatan soal, sehingga lebih banyak waktu dan energi dapat
dialokasikan untuk kegiatan pembelajaran yang lebih interaktif dan mendalam.
Diklat ini akan memberikan
kesempatan bagi para guru untuk mendapatkan keterampilan baru dalam
mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan
kualitas pengajaran dan pembelajaran di kelas. Dengan demikian, diharapkan
diklat ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan
pendidikan melalui pemanfaatan teknologi secara optimal dalam proses
pembelajaran.
Profil Diklat 85 Samisanov
Narasumber : Aries
Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
Instansi : Founder
Samisanov dan Pelatih Nasional IGI
Judul materi
diklat : Memanfaatkan Conker untuk Membantu Guru dalam Pembuatan Soal
Otomatis dan Kreatif
Pelaksanaan : Tanggal
18-25 Februari 2024
Materi yang akan di berikan dalam Diklat 85 Samisanov
diantaranya :
Alokasi Waktu |
||
Materi |
Praktek |
|
1.
Pengenalan tentang Conker |
1 |
2 |
2.
Manfaat penggunaan Conker dalam pembuatan soal |
1 |
2 |
3.
Konsep Pembuatan Soal Otomatis dan Kreatif |
1 |
3 |
4.
Menciptakan soal dengan beragam jenis dan tingkat kesulitan |
1 |
3 |
5.
Panduan Praktis Memanfaatkan Conker |
1 |
3 |
6.
Fitur-fitur utama Conker untuk pembuatan soal |
1 |
3 |
7.
Analisis soal-soal yang telah dibuat menggunakan Conker |
1 |
3 |
8.
Membuat soal untuk di ujikan pada siswa |
1 |
3 |
9.
Merekap hasil pekerjaan soal yang telah dilakukan
siswa |
1 |
4 |
10.
Penugasan membuat berbagai jenis soal dan diujikan
pada ssiwa |
1 |
4 |
Jumlah |
10 JP |
30 JP |
Total
Jam |
40 JP |
Langkah
dalam mengikuti Diklat 85 Samisanov “Memanfaatkan
Conker untuk Membantu Guru dalam Pembuatan Soal Otomatis dan Kreatif”
: