Dalam era digital yang terus berkembang, pendekatan baru dalam proses pembelajaran dan evaluasi menjadi semakin penting. Evaluasi berbasis game telah menjadi salah satu metode yang inovatif dan efektif untuk mengukur pemahaman siswa, keterampilan, dan kemampuan mereka. Game-based evaluation memadukan elemen-elemen permainan dengan tujuan evaluasi akademik, menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan berinteraksi bagi peserta didik.
Dalam pelatihan ini, kami akan
membahas penggunaan Wordwall sebagai alat yang kuat untuk membuat evaluasi
berbasis game. Wordwall adalah platform yang intuitif dan mudah digunakan yang
memungkinkan pendidik untuk membuat aktivitas pembelajaran interaktif dengan
cepat. Melalui pelatihan ini, Anda akan belajar bagaimana mengintegrasikan
Wordwall ke dalam praktik evaluasi Anda dan merancang berbagai jenis permainan
yang akan memotivasi siswa Anda untuk berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran.
Kami akan menguraikan
langkah-langkah praktis dalam membuat evaluasi berbasis game menggunakan
Wordwall, mulai dari perencanaan, pembuatan konten, hingga pelaksanaan
evaluasi. Kami akan menyoroti keunggulan evaluasi berbasis game, seperti
peningkatan motivasi siswa, pengukuran pemahaman yang lebih mendalam, dan
peluang untuk memberikan umpan balik yang lebih berarti.
Dengan mengikuti pelatihan ini, Anda akan dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menciptakan evaluasi berbasis game yang efektif dan menarik menggunakan Wordwall. Kami berharap bahwa pelatihan ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas pembelajaran dan evaluasi di lingkungan pendidikan Anda, membantu siswa mencapai potensi mereka dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.
Profil Diklat 80 Samisanov
Narasumber : Aries
Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
Instansi : Founder
Samisanov dan Pelatih Nasional IGI
Judul materi
diklat : Membuat
Evaluasi Berbasis Game Interaktif
Pelaksanaan : Tanggal
8-15 Oktober 2023
Materi yang akan di berikan dalam Diklat 80 Samisanov
diantaranya :
Alokasi Waktu |
||
Materi |
Praktek |
|
1. Mengenal quiz-quiz dalam PBM
yang menyenangkan |
1 |
2 |
2. Mengenal website Wordwall
sekaligus membuat akun nya |
1 |
2 |
3.
Mengenal
bagian-bagian pada wordwall |
1 |
2 |
4. Membuat quiz kreatif dengan
memanfaatkan wordwall |
1 |
2 |
5. Merubah template quiz dan
jenis-jenis quiz di wordwall |
1 |
3 |
6.
Mengatur
opsi untuk quiz yang telah dibuat |
1 |
3 |
7.
Mengatur
settingan untuk berbagi quiz di publish pada siswa |
1 |
3 |
8.
Merekap
hasil pekerjaan siswa di quiz wordwall |
1 |
4 |
9.
Tugas membuat minimal 1 quiz dengan materi mapel
|
1 |
4 |
10.
Penugasan
mengimplementasikan quiz pada kelas dan rekap nilai quiz serta pelaporan
diklat |
1 |
5 |
Jumlah |
10 JP |
30 JP |
Total
Jam |
40 JP |
Langkah dalam mengikuti Diklat 80 Samisanov “Membuat Evaluasi Berbasis Game Interaktif”
: