Pembelajaran berdiferensiasi
adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru
yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Pembelajaran berdiferensiasi
haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru
merespon kebutuhan belajar tersebut. Bagaimanakah cara menyusun modul ajar
dan LKPD untuk pembelajaran berdiferensiasi ?
Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui
kanal pelatihan SAMISANOV (satu minggu satu inovasi) ingin memberikan
pelatihan kepada guru-guru Indonesia dalam membuat modul ajar yang baik sekaligus
LKPD untuk pembelajaran berdiferensiasi. Sehingga kami akan melaksanakan Diklat
64 Samisanov kali ini dengan mengambil judul : Membuat Modul Ajar dan
LKPD Berdiferensisasi
Alokasi Waktu |
||
Materi |
Praktek |
|
1.
Mengenal
dan mengidentifikasi kebijakan Kurikulum merdeka dan karakteristiknya |
2 |
3 |
2.
Memahami
pembelajaran berdiferensiasi dengan berbagai contoh kasusnya |
2 |
3 |
3.
Memetakan kebutuhan
belajar siswa menggunakan angket sederhana |
2 |
5 |
4.
Langkah-langkah dalam Menyusun
Modul Ajar (RPP) berdiferensiasi |
2 |
5 |
5.
Membuat LKPD sesuai
gaya belajar siswa (berdiferensiasi) menggunakan Google Form |
2 |
5 |
6. Penugasan dan Postes membuat Modul ajar dan LKPD berdiferensiasi |
2 |
7 |
Jumlah |
12 JP |
28 JP |
Total Jam |
40 JP |
Narasumber :
Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
Instansi :
Trainer
Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya
Judul
materi diklat : Membuat Modul Ajar dan LKPD Berdiferensisasi
Pelaksanaan
: 22-29 Januari 2023
Langkah
dalam mengikuti Diklat 64 Samisanov “Membuat
Modul Ajar dan LKPD Berdiferensisasi” :