Bagaimana menciptakan pembelajaran yang menyenangkan? Sebagai pendidik dan pengajar mungkin pertanyaan tersebut kadang muncul dibenak kita, menciptakan suasana pembelajaran yang asyik dan membuat siswa menikmati proses pembelajaran merupakan dambaan para guru, dengan suasana pembelajaran yang menarik bisa membuat siswa menjadi lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Selain itu pembelajaran yang menyenangkan juga membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan oleh guru.
Belajar di kelas tentu telah menjadi menu harian untuk Bapak/Ibu Guru
dan para murid di sekolah. Sebagai fasilitator utama di kelas, guru sangat
berperan untuk membuat menu harian ini selalu segar, menarik, dan tidak
membosankan. Maka dari itu, penyajian
materi dengan cara-cara yang baru dan menyenangkan dapat
menjadi salah satu faktor untuk menentukan hasil dari proses belajar mengajar
di kelas. Dengan suasana kelas yang menyenangkan, siswa akan menikmati kegiatan
belajar mereka tanpa adanya perasaan tertekan. Lalu, bagaimana ya caranya
membuat kelas tidak membosankan dan menjadikannya menyenangkan?
Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui kanal pelatihan SAMISANOV (satu minggu satu inovasi) ingin memberikan pelatihan kepada guru-guru Indonesia untuk mendesain pembelajaran aktof, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Sehingga Diklat Online 36 Samisanov kali ini mengambil judul : Mendisain PBM Aktif Inovatif dan Menyenangkan.
Profil Diklat 36 Samisanov
Narasumber : Aries
Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
Instansi : Founder
Samisanov dan Pelatih Nasional IGI
Judul materi
diklat : Mendisain PBM Aktif
Inovatif dan Menyenangkan
Pelaksanaan : Tanggal
3-10 Oktober 2021
Materi yang akan di berikan dalam Diklat 36 Samisanov
diantaranya :
Alokasi Waktu |
||
Materi |
Praktek |
|
1. Memahami
pembelajaran yang menyenangkan |
1 |
2 |
2. Cara membangkitkan
suasana kelas yang interaktif |
2 |
2 |
3.
Aspek yang harus dipenuhi untuk pembelajaran
yang menyenangkan |
2 |
3 |
4. Inovasi untuk
model pembelajaran yang efektif |
2 |
3 |
5. Memahami metode-metode pembelajaran inovatif |
2 |
3 |
6.
Menyusun tahapan-tahapan
pembelajaran PAIKEM |
2 |
3 |
7.
Membuat RPP pembelajaran Aktif, inovatif dan
menyenangkan |
2 |
3 |
8.
Penugasan Diklat berupa implementasi metode yang telah dibuat pada
kelas masing-masing |
2 |
6 |
Jumlah |
15 JP |
25 JP |
Total
Jam |
40 JP |
Langkah
dalam mengikuti Diklat 36 Samisanov “Mendisain PBM Aktif Inovatif dan
Menyenangkan”