Hello Historian......
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang penerapan Program
Perpustakaan Kelas untuk meningkatkan minat membaca dan hasil belajar pada siswa kelas XII IPA-3 SMA Negeri 22 Surabaya, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya Semester I Tahun 2014-2015 pada materi perjuangan bangsa
dalam menghadapi disintegrasi bangsa. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian tindakan kelas. Dari penelitian tindakan kelas dapat
diketahui bahwa penerapan Program Perpustakaan Kelas memiliki dampak positif dalam
meningkatkan minat membaca dan hasil belajar pada siswa kelas XII IPA-3 SMA Negeri 22 Surabaya Semester I Tahun 2014-2015. Hal ini dapat
dilihat dari semakin meningkatnya nilai ulangan formatif dan meningkatnya
jumlah kunjungan dan peminjaman buku oleh siswa di perpustakaan kelas dan
perpustakaan sekolah. Hasil survei yang telah dilakukan terhadap minat membaca
juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Secara klasikal minat membaca dan hasil belajar terjadi peningkatan dari kondisi awal, Siklus I
dan Siklus II masing – masing 30 %, 73% dan 85%. Pada siklus II secara
klasikal tercapai.
Kata Kunci : Penerapan, Classroom Reading Program, minat membaca, hasil belajar, Perpustakaan Kelas